Wednesday, July 4, 2018

Baby Blues Syndrome (Part 1) - 3 Bulan Pertama Pasca Melahirkan

BY Maya Pratiwi IN , , , , No comments



Kalo flashback detik-detik mau lahiran tuh rasanya emejing banget. Rasa sakit dan lelah yang dibayar lebih dengan adanya bayi kecil dipelukanku. Rasanya tiba-tiba sangat jatuh cinta sama mahluk kecil itu. Yang kata orang, "aku mencintaimu jauh sebelum melihat wajahmu". Tapi, sepayah-payahnya aku mengandung, lebih payah lagi 3 bulan pertama pasca melahirkan >.< hahhaa. Dan berlanjut hingga 2-3 bulan berikutnya :(. Kata orang sih ini baby blues syndrome ya.

Apa sih Baby Blues?
Dari banyak referensi yang aku baca, Baby Blues itu adalah kondisi ibu pasca melahirkan yang perasaannya mudah berubah. Kadang bisa tiba-tiba merasa sangat sedih. Hal ini terjadi karena ada perubahan hormon pasca melahirkan. Jadi mungkin semacam PMS level lebih parah gitu ga sih. Labil yang tiba-tiba bahagia, tiba-tiba sedih, gampang marah, gampang kecewa, dan sejenis gitu ya. Dan yeaaay aku mengalami baby blues parah. Separah itu sampe Abi terheran-heran dan sampe kalo aku inget masa itu tuh kayak yang nyesel dan ngerasa "iiih gitu amat sih aku waktu itu ya".

Dan dari banyak sumber yang aku baca di internet yang aku sendiri ga yakin juga sih bener apa enggak, katanya baby blues ini juga dicurigai menjadi penyebab terjadinya kekerasan yang dilakukan ibu terhadap bayinya. 

HHhhhmmm kalo bener, ngeri juga ya.

Lucu sih ya. Bahagia banget punya anak tapi juga bisa ngerasa sedih disaat yang bersamaan. Dan aku pengen berbagi ceritaku. Aku mau bilang kalo baby blues mungkin akan terjadi juga sama kalian para ibu baru, tapi semoga aja enggak, dan kalian ga perlu khawatir karena itu normal. Normal dalam arti, banyak ibu ibu lain diluar sana yang ngalamin hal yang sama. Bukan hidup kalian yang paling malang, bukan cobaan hidup yang berarti juga karena banyak ibu yang mengalaminya, termasuk aku. Karena hal pertama yang membuatku tenang di masa-masa baby blues-ku adalah ketika bertukar cerita dengan kakakku. Ketika aku tau bahwa apa yang terjadi sama aku juga pernah dialami kakakku. Meskipun cerita setiap orang berbeda, aku harap ceritaku ini bisa memberikan sedikit gambaran buat ibu-ibu baru agar lebih siap menjalani hari-hari pasca melahirkan.

.....

1. Kurang Tidur

Lebih dari 2 bulan pasca melahirkan, tidurku gak berkualitas banget. Lebih tepatnya ngerasa khawatir saat tidur dan kadang suka gak mau tidur. GAK MAU TIDUR !!!. Bukannya ga ngantuk ya tapi aku gak mau tidur. Kenapa? Banyak sih, macem-macem alesannya. Khawatir kalo tangisan Kayla bisa membangunkan orang di malam hari, khawatir Kayla bangun di malam hari tapi aku ga denger, atau mengkhawatirkan Kayla lagi haus ga ya, keringetan ga ya, kedinginan ga ya dan pokoknya aku ga mau tidur kalo ga di deket kayla juga.


Apalagi Kayla tipe bayi yang maunya tidur kalo di gendong. Hhhmmmm aku udah baca tentang tips menidurkan bayi agar lepas dari gendongan jauh sebelum anakku lahir. Dan yaa teori mah keliatannya gampang ya wkwkwk. Aku udah berusaha mendisiplinkan Kayla. Macem ngajakin main kalo siang hari biar malemnya bisa bobok. Atau ga nanggepin ajakan begadang di malam hari. Aku udah berusaha juga untuk membuat nyaman tempat tidur Kayla. Kasur bersih, selimut empuk yang menyerap keringat, sepoi-sepoi angin dari ujung kamar yang kadang bikin uti kedinginan hahaha. Aku juga udah berusaha untuk membuat jadwal untuk Kayla. Minum ASI tiap 2 jam sekali. Mengajak bermain saat bangun, ngasih ASI, nidurin sampe nyenyak dan bangunin lagi 2 jam lagi. Bagaimana hasilnya?? 

NIHIL :D 
wkwkwkwkwk :'D

Yaa tetep aja Kayla bangun sesuka hati Kayla. Kalo siang bisa 2-3 jam sekali bangun untuk minum ASI. Kalo malem hampir tiap jam bangun minta ASI :p. Kadang sih gak laper kayaknya ya, cuma nyot nyot doang. 

Bahkan sampe lebih dari sebulan setelah aku kembali kerja, Kayla masih suka begadang malam sampe aku sering tidur sambil duduk di kasur. Dan hal itu membuat lututku nyeri kalo buat naik turun. Menjelang usia 6 bulan, ketika Kayla udah mulai belajar miring dan tengkurap, aku lebih gampang nyusuin sambil tiduran :D

2. Konsep Siang-Malam yang Berubah
Di poin 1 aku udah ceritain ya kalo Kayla tuh lebih nyenyak tidur di siang hari dari pada malam hari. Itu membuatku cukup lelah. Karena malam hari aku begadang jagain Kayla dan baru bisa tidur nyenyak menjelang subuh. Dan mau gak mau di siang hari aku juga harus beraktivitas dong. Meskipun aku tinggal bersama orang tuaku sendiri selama cuti melahirkan, bukan berarti aku terbebas dari pekerjaan rumah kan. Gak enak lah kalo sama sekali ga bantu-bantu, apalagi dirumah ga ada yang bantu-bantu. Meskipun memang lebih sering orang tuaku yang menyelesaikan pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci baju, setrika baju, atau bersih-bersih rumah sih hehehe. Dan tentu saja banyak tamu berkunjung untuk nengok baby Kayla :D. Jadi kebayang kan, siang pengennya aku bobok seharian tapi tetap harus beraktivitas dan menjelang malam ketika aku sudah lelah aku juga masih harus begadang :')

3. Posesif berlebihan

Aku juga jadi sangat posesif sama Kayla. Aku juga selalu ngerasa khawatir apa aku bisa jadi Ibu yang baik buat Kayla. Buku-buku parenting yang aku baca malah bikin aku was-was apakah aku bisa membuat bounding yang kuat dengan Kayla di masa-masa pertama kehidupannya di dunia ini. Aku khawatir Kayla lebih dekat dengan orang lain dari pada denganku, makanya mataku ga pernah lepas dari Kayla. Aku ga mau orang lain mencuri hati Kayla :(


Ini emang agak berlebihan ya tapi seriusan terjadi sama aku :(. Dan aku ga nyaman banget sama perasaan ini. Aku sampe berulang kali di ingatkan abi untuk bisa lebih percaya sama orang. 

4. Ngompol-Gumoh-Nenen Lyfe
Seperti kebanyakan bayi lain, Kayla juga hobinya nenen :D. Buanyak sekali sampe kekenyangan dan akhirnya muntah. Hahahaha. Bajuku sering banget basah. Ga cuma baju, seprei, selimut, lantai, kursi, ah semua pokoknya. Dan waktu itu Kayla ga pake diaper kalo dirumah, jadi pake popok kain gitu sampe usia sebulan. Jadi kalo ngompol ya kemana-mana lah. Kadang baju atas dimuntahin, baju bawah di ompolin :D. Sampe malesnya aku bolak balik ganti baju, aku suka bodo amat sama baju basah, aku tinggal tidur atau ngapain gitu sampe kering lagi sampe basah lagi, entar mau mandi baru deh aku ganti baju. Hahahaha jijay banget ga sih. Tapi sumpah deh anak bayi bisa lebih dari 10 kali pipis di siang hari. Ya masa dia ganti popok aku harus ganti baju juga :D. Kecuali dulu pas udah selesai nifas ya tiap mau sholat ganti baju bersih, selesai sholat aku pake lagi baju yang tadi kena ompol dan muntahan. Hieeeeek hahahaha.

Kenapa aku ga pake diaper? Hhhmmm Hhhmmmm kenapa ya. Sampe usia 30 hari deh kayaknya, Kayla masih dipakein popok kain. Karena usia segitu frekuensi pupnya masih sering dan masih encer dan kalo pake diaper kan cairan bakal terserap ya, aku khawatir pas Kayla pup dia ga sadar kalo pup karena sudah nyaman pake diaper. Kalo pake popok kain kan pasti basah dan bikin Kayla ga nyaman ya jadi pasti Kayla kasih sign kalo pup. Entah dengan nangis atau ngulat-ngulat gelisah.

5. Mendengarkan Kata Orang
Belum lagi aku sedih banget sama aturan-aturan "kata orang". 
"Habis ngelahirin tuh kalo udah lebih dari jam 5 sore ga boleh makan yaa"
"Ibu menyusui tuh harus banyak makan sayur berkuah yaa", "Makan yang direbus", "Enggak boleh makan sambal", "Pake kendit ya biar perutnya gak ndlewer", "Baju bayi jangan dijemur dibawah terik matahari langsung ya"

Apalagi bagian ini nih 
"Jangan digendongin mulu biar ga bau tangan"
kata si A : "Coba di bedong biar boboknya nyenyak"
kata si B : "Wah jangan di bedong biar anaknya leluasa gerak jadi boboknya nyenyak"

HYAAAAMPUUUUUUN. Aku bete parah kalo udah di nasehatin gitu sama tetangga, nenek-nenek, tukang pijat, dukun bayi, atau kadang ibuku juga. Hahahaha. Sebenernya kalo sekarang sih kayak biasa aja ya nasehat-nasehat gitu. Standar lah. Tapi mungkin emang dasarnya lagi naik turun hormon, emosi ga stabil jadinya berasa jadi pemicu kemarahan gitu wkwkwkwwkwk. Makanya aku lebih sering "bodo amat" sih. Ya suka ga suka aku berusaha menerima masukan orang-orang maupun dari hasil baca-baca di buku atau internet. Tapi percayalah, setiap anak tuh beda-beda. Di kondisi aku yang udah sangat lelah waktu itu, aku berusaha untuk ngikutin gimana anakku aja lah. Aku berusaha ga terlalu melawan naluri alami bayiku. Ya aku tau suatu hari nanti aku harus ngajarin Kayla konsep gelap terang, tapi ketika saat bayi Kayla masih belum bisa tidur malam bangun siang, yaudah gausah maksain. Ikutin aja dulu. Semakin lama bayi beranjak tumbuh dan semakin besar, ada saatnya nanti Kayla diajarin hal-hal kayak gitu. Jadi aku berusaha "yaudalah" dulu ketimbang kebanyakan teori bikin tambah lelah :p

6. Gundah LDM dan Ibu Pekerja
Selain setres mikirin "kata orang", aku juga yang waktu itu masih LDR sama Abi (Aku kerja di Magelang, Abi kerja di Bandung) khawatir banget nanti di Magelang kek mana ya kehidupanku. Mau resign, butuh penghasilan. Enggak resign, anake piye :D (Part ini juga mau aku bikin tulisan tapi nanti). Apalagi ibuku masih aktif bekerja, belum pensiun. Ga mungkin aku minta untuk jagain Kayla di Magelang. Kalo Kayla ditinggal di rumah orang tuaku sedangkan aku bekerja di Magelang, gimana? Sebenernya ini pilihan yang paling memungkinkan waktu itu. Sepeti kebanyakan temenku lakukan. Tapi tapi tapi. Aaaah banyak tapinya deh waktu itu. Dan yaaang pasti akhirnya setelah melewati masa cuti dan ga lelah berdoa terus aku mantep balik ke Magelang bareng Kayla tapi bawa sebut saja Asisten Rumah Tangga aka ART. 

.....

Yah itulah 3 bulan terdrama di hidup aku. Hahahhaa. Lebih drama dari pada waktu hamil. Di satu sisi aku pengen bareng Kayla terus, di sisi lain aku sangat lelah dengan nenen-gumoh-ngompol lyfe yang kadang suka bikin emosi. Sebenernya emosinya bukan sebel sama si bayi sih tapi lebih ke emosi kenapa aku ga bisa tenang, kenapa aku kacau sekali mengurus bayiku, kenapa aku ga bisa lebih sabar. Waktu itu aku ngerasa jadi ibu yang paling buruk sedunia :(

Kata nasehat parenting masa kini "Kalo kamu masih suka marah-marah sama bayi atau anak kamu itu karena kamu kurang berilmu sebagai orang tua". Hhhhmmm hhhmmmm nampar banget gak tuh nasehatnya :D

Belum kerja aja aku udah sedrama itu, apakabar setelah balik kerja lagi? Apa kabar ngurus anak bayi di luar kota yang jauh dari saudara dan suami? Apa kabar menghadapi drama Asisten Rumah Tangga tanpa pendampingan suami? Akan aku ceritain setelah beres part 2 cerita ini tentang gimana caraku mengatasi baby bluesku :D


0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)