Saturday, July 28, 2018

Cerita IIP (Institut Ibu Profesional) : Tugas 1 - Kreasi Belajar

BY Maya Pratiwi IN , , No comments

Ceritanya akan sangat panjang tapi pada akhirnya saya berhasil masuk ke kelas matrikulasi Institut Ibu Profesional haahaaaaaay >.<

Setiap ibu pasti punya cerita, punya tantangan masing-masing. Termasuk saya. Layaknya sebuah cerita, alurnya bisa naik turun. Tapi kalo kita paham betul peran ibu di dalam keluarga, kita gak bisa membiarkan alur ceritanya tetap dibawah. Harus ada cara agar alur cerita tetap menjadi klimaks diatas dan bahagia.

Akan ada banyak alasan yang membuat ibu menjadi tidak "waras". Baby blues, anak tantrum, rumah yang berantakan, pekerjaan kantor yang menumpuk, atau hal lainnya. Alasan akan selalu ada kan? Tapi bagaimana respon kita adalah pilihan. Mau merespon negatif dengan marah-marah atau tetap tenang dan menerima semuanya itu adalah sebuah pilihan.

Dan bersyukurnya saya menemukan komunitas seperti IIP adalah karena IIP memberikan ruang untuk saya berbenah diri. Cerita kita ga sama dengan orang lain, cara mengatasi mungkin akan berbeda untuk setiap keluarga. Maka yang paling tepat adalah memberikan ruang bagi setiap ibu untuk mencari titik equilibriumnya masing-masing. Mencari formula yang tepat untuk mencapai keseimbangan dikeluarganya masing-masing.


Ini adalah tugas kontrak belajar saya si IIP. Masing-masing diberi ruang untuk membuat kontrak belajar sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Saya ingin belajar sungguh-sungguh di IIP, lulus dan segera berubah menjadi ibu yang baik dan berkualitas. 

Dalam menghadapi tantangan dirumah terkadang cara yang kita lakukan tidak selalu benar sehingga kita perlu sebuah komunitas ideal yang bisa menjadi pengingat tentang mana yang baik dan mana tidak. Mana yang perlu dilakukan dirumah mana yang tidak.

Dan berikut ini adalah hal hal yang wajib banget saya lakukan demi untuk menjadi high quality mom >.<


Saya bekerja, gak punya pembantu dirumah, tapi ga akan sulit kok making sure everything is on track!! Yang penting tetep ga boleh baper ya. Harus kuat menghadapi kenyataan, gak boleh kendor!! Apa kata orang, bye aja kalo ga ada faedahnya. Tetep positif thinking, gausah parnoan. Anaknya manjat-manjat yaudah gausah parno, anak dirumah berdua sama abi biarin aja gausah khawatir. Dan tetep doing hobbies. Gausah yang susah susah sih, saya suka baca buku dan nggambar ya sesekali bolehlah beli buku yang berfaedah kan. Pasti ada waktu kok tinggal gimana kita manage waktu aja kan yaa. Dan yang pasti banyak belajar. Mungkin cara kita ga efektif, mungkin cara kita udah kuno, mungkin orang lain punya cara yang lebih efektif, jadi kenapa harus males belajar kan. 

Dan di sisi pekerjaan saya harus mulai produktif di kantor. Kerja efektif biar kerjaan beres sebelum jam pulang kerja. Jadi ga akan overtime atau lembur. Ya kecuali kecuali emang ada meeting mendadak as always, ya itusih nasib ya diluar kuasa kita, lol. Socialize nih penting banget, menjaga kebersamaan sama temen-temen dikantor biar saling bahu membahu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Artinya kalo saya pulang duluan selagi mereka masih lembur merekanya selow aja gitu, haha.

Dan yang pasti kalo dirumah, wajib banget masak makanan bergizi biar ga gampang sakit. Dan sebisa mungkin saya emang selalu bawain bekel makan siang buat suami dan saya sendiri. Kalo Kayla sih di daycare dapet makan siang ya. Trus juga quality time. Ini penting banget. Ini juga alaesan kenapa saya sering skip atau telat ikut kelas di IIP haha maafkan. Karena dari sebelum IIP pun saya dan suami udah sepakat kalo pulang kerja kita mau main sama Kayla sampe waktu bobok, kecuali masalah penting mendesak seperti kerjaan. Jadi kalo masalah management gadget sih no issue lah dirumah saya, tinggal konsistennya aja dan tetep saling ngingetin. Trus berikutnya mencari life hack. Ini penting banget sih secara saya dirumah ga ada yang bantuin kecuali suami, hahay. Jadi harus cari cara biar semua cepet dan mudah dilakukan. Bahkan hal sepele seperti nyiapin bahan makanan siap masak di kulkas tuh ngebantu banget kalo pagi pagi. Dan terakhir adalah mengakui bahwa there is no perfect house. Itu artinya kalo rumah rada berantakan ya gausah gampang ngomel, kalo mainan anak berantakan ya gausah pake ngomel juga, kalo ada bocor bocor sikit di dapur juga santai laah gausah ngomel ngomel. Bawa santai aja karena kehidupan ga selamanya mulus jadi ya gausah dibawa ribet deh.

Yaaah perjuangan menjadi ibu yang berkualitas tuh ga instan ya, harus konsisten dan akan selama hidup. Dan menjadi bagian dari program mayrikulasi IIP adalah salah satu ikhtiar saya. Harus lulus program ini pastinya. Selamat berjuang bersama ibu ibu :)


Maya Pratiwi
Kelas IIP BDG3  Batch6

0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)