Wednesday, August 1, 2018

Teman dan masanya

BY Maya Pratiwi IN , 1 comment


Hari ini seorang teman menyapa saya di Telegram. Sebut saja namanya jeng Amy. Teman seperjuangan selama saya di Magelang. Awalnya sih cuma temen kerja ya tapi lama-lama jadi temen curhat. Ya karena adanya cuma jeng Amy jadi yaudalah dari pada curhat sama tembok kan. Meskipun kami beda kota, saya di Magelang dan jeng Amy di unit Kebumen tapi tapi curhatan kami selalu intens. Enggak cuma curhat, tapi juga tempat berkeluh kesah, berbagi duka, dan tempat membuang emosi negatif, LOL. Karena jeng amy itu enak buat di marah-marahin. Easy going dan ga gampang ngambek. Terlalu ga peka sih jadi saya udah beneran marah tapi doi tetep aja lempeng. 

Saya, Jeng Amy, dan Teman-teman di Magelang

Sekarang saya udah di Bandung, jeng Amy nun jauh di pelosok Kebumen sana. Tapi sering juga kami kontak-kontak lewat Telegram. Ya pasti lah kontak-kontakan karena ada maunya. Seringnya nanya kerjaan, baru nanya kabar. Lagian kalo ga ada urusan ngapain kontak-kontakan sih? Saya aja kalo ga ada urusan bingung mau ngapain ngechat dia atau temen-temen saya yang lain. Harus ada topik dong buat pemanasan. Jadi Bye aja nasehat cuci otak yang bilang "Temen tuh bukan yang dateng kalo lagi ada maunya doang.". Ya klean pikir kalo ga ada urusan ngapain dateng sih? Ngapain kontak-kontakan sih? Meskipun urusannya sepele ya tetep aja kan ada urusan namanya? Ada maunya juga? 

Karena menurut saya temen tuh punya masanya ya. Dulu pas SD saya punya geng 3 serangkai. Cewek semua. Pas SMP karena kami masih satu sekolah, kami masih sering ngumpul meskipun lebih sering sih ngumpul sama temen sekelas ya. Pas SMA kami berpisah, punya kehidupan masing-masing, tapi ya tetep aja sih mereka masih temen saya. Ketika lama tidak berjumpa dari SMA sampe kuliah sampe kerja, sampe saya mau nikah saya coba kontakin lagi temen 3 serangkai saya karena saya punya urusan ngundang mereka ke nikahan saya, dan mereka tetep dateng tuh.

Temen Kelas pas Kuliah
Temen Kosan
Temen sekamar di Asrama

Ada masanya dulu kita bareng-bareng sama temen-temen kita itu. Mengukir kisah bersama, membuat kenangan, dan cerita-cerita indah lainnya. Dulu berasa bahwa kita tuh temen sehidup semati, bersama selamanya di setiap suka duka. Tapi kadang persimpangan takdir membuat kita berpisah dengan mereka, berpisah menjemput takdir masing-masing. Menjalani kehidupan masing-masing yang baru, tanpa kita. Tapi toh mereka tetep temen kita kan? 

Kalo saya pribadi sih ga perlu lah regularly di telpon atau dikontak, mereka tetep saya anggep temen baik. Gausah di declare di facebook kalo kami sodaraan juga tetep saya anggep temen. Enggak ngucapin selamat ulang tahun juga tetep saya anggep temen. Enggak ngucapin selamat pas saya nikah juga tetep saya anggep temen. Bahkan enggak ngelike post instagram saya juga masih tetep saya follow kok. 

Temen OJT di Kantor

Enggak usah baper bin lebay juga kalo temen-temen kita yang dulu kita punya kenangan romantis sama mereka trus sekarang mereka punya temen-temen baru gitu. Enggak usah sewot juga kalo kadang undangan atau ajakan kita disekip sama mereka. Justru kalo beneran temen tuh harusnya lebih dewasa dalam menanggapi. Ya realistis aja sih kalo mereka emang punya kehidupan baru. Jadi gausah bersikap kayak gak punya temen lain gitu lah.

Ya apalagi kalo udah berkeluarga, udah punya anak lagi. Keidealismean "persahabatan kita ga akan berubah meskipun aku menikah" rada lebay sih haha. Ya emang kalo udah nikah tuh harus ngutamin keluarga sih. Jadi ya kalo ga bisa nemenin main bareng sampe malem ya wajar lah. Udah bukan saatnya temen-temen yang jadi prioritas, tapi keluarga. Ya dulu juga pas saya masih lajang, temen-temen ngajakin main kemana juga saya okein. Ngajakin makrab, ngajakin mendaki bukit juga saya okein. Sekarang saya udah punya suami, udah punya anak, prioritas saya pasti buat keluarga lah ya. Ya syukur-syukur anak dan suami mau saya ajakin main bareng temen-temen saya. Tapi kalo mereka lagi ga mau atau ga bisa saya tetep milih keluarga dong ya. Kalo dulu bolehlah antara pacar sama temen milih siapa, jelas milih temen. Sekarang temen sama keluarga milih siapa, ya milih keluarga dong haha. Kan gak selamanya kebahagian saya main sama temen-temen juga bikin bahagia suami dan anak saya. Saya juga milih-milih kalo mau ngajakin mereka main sama temen-temen saya. Memungkinkan ga ya, bersedia ga ya, dan lain lain. (Sebutlah ini pembelaan tapi nanti kalo kalian udah punya keluarga, punya anak, pasti paham kok). 

Atau dikasus saya dan jeng Amy. Kala itu kalo lagi meeting bareng di Magelang artinya waktu untuk bertemu dan sesi curhat berbusa dimulai, ketika rasa rindu belum reda, jeng Amy selalu ribet banget pengen pulang terus karena ada anak dan suami yang menunggunya dirumah. Apa ya terus saya sebagai temennya yang baik mau pundung gitu? Apa ya terus kalo jeng Amy memutuskan untuk pulang kerumah ketimbang nungguin saya selesai curhat artinya persahabatan kami putus? Ya enggak kan?

Di Pantai Sawarna bareng temen Lab
Atau mungkin seperti geng Lab saya pas kuliah. Kami mendeclare sahabat selamanya. Main bareng ke pantai sawarna, mengukir kisah romantis di pinggir pantai. Rasanya waktu itu persahabatan kami sangat indah, tak akan terhapus oleh waktu. Tapi liat sekarang, grup WA sepi. Rame kalo ada yang nikahan baru deh rame lagi ngumpulin receh buat beli kado atau rame ngeluarin candaan-candaan receh. Dan kembali hening setelah acara nikahan beres. Tapi saya sendiri sih gak sedih, tidak perlu di dramatisir berlebihan. Teman tuh ada masanya kok. Ya tinggal kamu harus lebih bijaksana dalam menyikapinya. Deklarasi persahabatn kalian harusnya bisa lebih fleksibel menyikapi jaman yang serba berubah gini. Gak perlu selamanya bersama yang penting masing-masing sama-sama saling membalas sapa, sapaan yang sama hangatnya seperti ketika pernah bersama. 

1 comment:

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)