Sunday, November 25, 2018

Review Daycare Bandung Selatan

BY Maya Pratiwi IN , , , 12 comments



Februari 2018, setelah saya dapet SK pindah ke Bandung. Sebenernya antara senang dan sedih. Senang karena akhirnya bisa bareng Abi. Sedih karena saya bingung Kayla sama siapa kalo saya kerja *nangis*.

Waktu di Magelang ada budhe yang jagain Kayla dirumah. Di Bandung saya ga punya saudara, tetangga disini kayaknya ga seperti di Magelang ya, masing-masing gitu. Meskipun sebenernya saya merasa Daycare punya banyak kelebihan dibanding pengasuh, tapi tetep aja nyari Daycare kan ga bisa seenaknya ya. Tetep harus di survey, mana yang pas dihati (dan dikantong).

Dan mencari Daycare itu prinsipnya seperti mencari jodoh. Pilih yang kekurangannya bisa kita terima. Dan sebenernya prinsip ini ga cuma saya pake buat nyari Daycare sih, tapi berlaku saat saya mau melakukan pilihan. Karena pada dasarnya kesempurnaan hanya milik Allah, ya kan bun? Semua pilihan kita pasti ada plus minusnya, ga ada yang sempurna. Ga ada daycare yang sempurna! Termasuk saya sebagai ibu pejuang Daycare ngaku belum sempurna dalam mengasuh anak, pun begitu ga semua ibu yang ngasuh anaknya sendiri juga tidak selalu benar dan sempurna. 
>>Kyaaaaa bener ora kiyeeee *celingak celinguuk*<<
Baca juga : Yang Perlu ditanyain Saat Nyari Daycare
Baiklah, ini beberapa review Daycare di Bandung selatan ya bund. Maksud dan tujuan dari tulisan ini adalah untuk sharing ke bunda-bunda lain yang lagi nyari Daycare juga. Siapa tau bermanfaat. Kan lumayan ya bisa mengurangi waktu survey. 

1. Daycare Embun Permata
Jl. Ciganitri No.69, Cipagalo, Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat 40287

>> Lokasi
Dipinggir jalan Ciganitri. Karena di area Ciganitri tuh buanyak sekali perumahan jadi ya lokasinya strategis banget. Tapi kalo yang rumahnya diluar Ciganitri mungkin sedikit repot ya karena lumayan jauh dari Jalan utama Bojongsoang.
>> Caregiver 
Bunda pengasuhnya ada 5 orang dengan anggota daycare ada 13 anak. Sebenernya ada 2 bunda lagi tapi sebagai guru TK, ga megang daycare. Bunda-bundanya kebanyakan tinggalnya di sekitaran Ciganitri juga. Menurut saya ini poin lebih juga sih. 1.)Misal ada apa-apa ya kita gampang nyariin mereka, kalo ga ada disekolah ya gampang aja kalo mau menyambangi rumahnya 2.)kalo misalnya mau overtime juga gausah ga enak kali ya, kan rumah mereka deket, hihihihi (mungkin doang sih)  3.) Kalo melibatkan warga sekitar kok menurut saya lebih adem dan bikin tenang gitu ya. Selain itu bundanya juga baik, ramah dan masih energic gitu. Cuma karena saya udah sore kali ya, bundanya udah pada capek gitu jadi pas saya nanya-nanya mulu rada terlihat lelah gitu, hahaha.
>> Owner/Kepala Sekolah
Kebetulan kepala sekolah lagi ga ada.
Bisa ngobrol sama owner atau kepala sekolah bagi saya penting ya karena akan kelihatan gimana mereka ngelola Daycare. Apakah mereka cuma jadi kepala sekolah secara administratif atau bener-bener ikut mengelola Daycare. Ada daycare yang kalo ada tamu yang mau nanya-nanya tuh kudu nunggu kepala sekolah dulu, ada yang langsung dijelasin sama bunda yang lagi free disana. Sebenernya ga papa sih ya, cuma kalo bisa ngobrol langsung sama kepala sekolah/pemilik tuh kayak lebih mantep gitu (kalo saya sih ya).
>> Bangunan dan Area Bermain
Bangunannya 2 lantai. Lantai 1 ada ruang tamu, dibagian belakang ada ruang kelas TK dan area terbuka untuk bermain anak-anak. Area bermain ga full kebuka sih karena ada atapnya, cuma tembok pembatas kejalan tuh pendek jadi matahari masih masuk, termasuk angin dan air hujan sepertinya :D. Tapi luaaaas jadi anak-anak bisa lari-larian disitu. Untuk lantai 2 khusus Daycare, mandi, tidur dan beraktivitas. Oh ya di area bermain juga ada kolam kecil bisa buat main air anak-anak. Tapi saya ga ngeliat banget karena baru tau kalo ada kolam pas dijelasin diakhir-akhir.
>> CCTV
Tidak ada CCTV.
Kalo menurut saya CCTV itu jadi Value Added aja sih. Kalo ada yang poin plus banget karena bisa ngeliat anak lagi ngapain aja. Kalo ga ada juga ga ada masalah selama pihak daycare mudah diajak komunikasi selama jam Daycare.
>> Kegiatan Daycare
Untuk kegiatan mereka ga jelasin secara rinci sih kegiatannya apa aja. Dan karena ibunya sambil megang baby jadi saya agak segan mau nanya-nanya lebih detail. Tapi sekilas ngelihat seru sih, mereka nyanyi-nyanyi bareng, ada kegiatan mendengarkan dongeng juga sama ada lomba-lomba kalo lagi Agustusan. Dan disini ada TK juga.
>> Report Book
Tidak ada report book.
Nah kalo buku laporan sebenernya penting sih menurut saya. Jadi kita bisa tau kegiatannya apa, tadi makannya habis apa enggak, pup apa enggak, dll. Sebenernya bisa aja ya nanya langsung ke bundanya. Tapi coba aja bayangin kalo semua ibu nanyain anaknya satu per satu ke bundanya, pasti bundanya bingung kan dan bisa jadi dia ngasih jawabannya cuma jawaban rata-rata gitu. Tapi kalopun ga ada report book ya mungkin ga papa juga asal bunda pengasuhnya komunikatif ya. 
>> Biaya
Biaya awal : hehe lupita, tapi kalo ga salah ga nyampe 2juta kok
Biaya per bulan 750.000 (sudah termasuk makan siang dan snack sore)
Biaya overtime 20.000/jam (kayaknya ya, soalnya si ibunya ga pede gitu ngucapinnya. Atau jangan-jangan sebenernya jarang yang overtime kali ya jadi syok gitu saya tiba-tiba nanya overtime, semacam berniat mau sering telat jemput gitu saya hahaha :D)

2. Daycare Said bin Tsabit
Griya bandung Asri 2 ( GBA ), Komplek Blok D-3 No. 14, Jl. Tirtawangi Raya, Cipagalo, Bojongsoang, Bandung City, West Java 40287

>> Lokasi
Ada di komplek perumahan GBA 2. Keuntungannya adalah jalanan sepi ya karena di komplek perumahan gitu. Tapi ya kalo rumah kita di luar area ciganitri masuknya lebih jauh lagi dari Daycare Embun.
>> Caregiver 
Waktu itu sih anggota Daycarenya ada 2 orang padahal semester sebelumnya banyak cuma udah pada gedhe-gedhe. Dan bunda pengasuhnya ada 2 orang juga. Tapi anak TKnya ada banyak. Bunda pengasuhnya udah ibu-ibu gitu, rasanya kok lebih ayem gitu ya kayak diasuh sama ibu kita sendiri. Dan ibunya baik banget, ramah lagi. Dan kayaknya rumah bunda-bundanya juga ga jauh jauh banget dari Daycare, soalnya ibunya malah ngajakin saya ketemuan pas hari sabtu pagi padahal daycarenya kan libur ya. Kenapa sabtu pagi karena saya kan kalo weekdays kerja jadi ibunya inisiatif ngajakin ketemuan hari sabtu aja. Baik banget kan?
>> Owner/Kepala Sekolah
Nah kalo kepala sekolah juga pas saya kesana lagi ga ada karena emang kesana pas hari libur ya. Kepala Sekolahnya rumahnya deket banget sama Daycare. Kata si bundanya, kalo telat jemput biasanya anaknya akan dibawa kerumah Kepala Sekolah. Haha, Di satu sisi membuat saya merasa mungkin lebih aman ya, tapi di sisi lain saya kok malah jadi ga enak ya -_-"
>> Bangunan dan Area Bermain
Bangunan homey banget. Sejuk juga karena ada pohon di halaman. Halamannya emang ga terlalu luas tapi asik karena ada tempat main kayak ayunan, jungkat jungkit dll. Persis kayak dirumah sendiri rasanya. Lantai 1 buat ruang kelas TK dan beberapa aktivitas Daycare disini juga. Lantai 2 khusus untuk Daycare
>> CCTV
Tidak ada CCTV
>> Kegiatan Daycare
Ga dijelasin rinci juga kegiatannya apa aja, tapi yang jelas mereka ngedukung toilet training. Mungkin karena saya bilang kalo anak saya 2 tahun kali ya jadi si ibunya langsung ngobrolin toilet training. Selain itu juga disini diajarin ngaji. Ya sesuai umur sih ya. Kalo di TKnya mah emang diajarin ngaji beneran
>> Report Book
Tidak ada
>>Biaya
Biaya awal (lupa berapa tapi ga nyampe 2juta deh kalo ga salah, soalnya saya ga sampe syok sih)
Biaya per bulan 900.000 (sudah termasuk makan siang dan snack sore)
Biaya overtime (lupa juga hahaha, maafin ya soalnya ga dikasih brosur jadi lupa. Tapi ga nyampe 50rb sejam, soalnya saya ga sampe syok :D)

3. Daycare Almalia School
Jl. Komp. Permata Buah Batu No.25, Lengkong, Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat 40287

>> Lokasi
Ada di area Perumahan Buah Batu, depan Telkom University. Dari segi lokasi mudah dijangkau karena perumahan ada di Jalan Utama (Jl. Raya Bojongsoang). Mudah dijangkau sih sebenernya tapi kalo pagi suka macet disitu. Sebenernya dari awal saya pengen Kayla disini aja, tapi sungguh jauh dari kantor, lagi pulang cepet pun tetep bakal kena overtime juga kalo disini mah. Trus juga kalo dari rumah mau kesini tuh menjauh dari jalan ke kantor, jadi saya merasa akan memakan waktu ya kalo nganter pagi-pagi. Sayang banget ya :(
>> Caregiver 
Waktu itu saya lupa nanya dan lupa ngitung ada berapa bunda dan anggota Daycare. Tapi rameee banget haha. Mereka pas lagi nyanyi gitu jadi seruu. Nah kalo disini ada jadwal piket gitu, jadi setiap hari tetep ada yang nungguin anak-anak sampe dijemput semua. Menurut saya ini juga penting ya tentang jadwal piket. Berarti mereka mengantisipasi keterlambatan menjemput dan mereka udah siap kalo ada yang telat jemput. Bukan gimana-gimana ya, saya juga pengennya ga telat jemput karena kalo telat harus bayar LOL, tapi namanya orang kerja ada kalanya harus lembur. Atau kalo ga lembur juga mungkin pulangnya lewat lewat dikit ya. Atau kalo lagi pulang cepet tapi bisa aja kan macet dijalan. Jadi kesiapan mereka menghadapi telat jemput itu penting banget menurut saya.
>> Owner/Kepala Sekolah
Saya ga nanya banyak tentang owner atau Kepala sekolah karena waktu itu lagi buru-buru.
>> Bangunan dan Area Bermain
Bentuknya rumah juga ya. Rumah 2 lantai. Dalemnya luas lumayan luas tapi ya karena ada anak TK juga ya jadi penuh juga sih. Dan yang saya seneng sih karena ini rumahnya dipojokan ya jadi ga akan banyak mobil lewat. Jadi depan Daycare itu jalan buntu tapi ada kayak taman fasum perumahan gitu, jadi buat parkir gampang haha. Dan mereka suka ada aktivitas di luar gitu seperti olahraga pagi atau jalan-jalan dikomplek. Tapi ga nanya juga saya apakah setiap pagi atau periodik gitu. Seru ga sih hahaha. Secara saya bisa ngajakin Kayla jalan-jalan ke taman komplek itu cuma kalo weekend atau hari libur. Itu juga kadang kadang doang kalo ga bangun kesiangan. Hahaha
>> CCTV
Ada CCTV
>> Kegiatan Daycare
Nah kalo kegiatannya ini super lengkap dan seruu ya menurut saya. Jadi disini ada daycare, playgorup, dan TK. Sama kayak Embun dan Said bin Tsabit, keunggulan mereka adalah kalo anak kita udah usia PG/TK tuh bisa sekalian ditempat yang sama. Jadi paginya belajar di PG/TK trus siangnya lanjut di Daycare. Nah untuk kegiatan di Almalia tuh ada kegiatan sholat berjamaah (sholat dhuha dan dhuhur), belajar berdoa, mengaji, asmaul husna, dll. Mirip kayak di Said bin Tsabit juga sih. Terus tambahannya mereka ada outing (kegiatan keluar), ada sholat berjamaah bagi yang muslim, ada baby spa buat yang bayi-bayi, ada konsultasi dengan dokter umum, dokter gigi dan psikolog juga. Trus ada kayak pentas seni gitu. Haha lucu amat yaa. Pentas seninya ada di halaman sekolah gitu. Duuuh seru banget gak siih?
>> Report Book
Ada
>> Biaya 
Biaya Awal : 200.000 + 400.000 (uang seragam)
Biaya Pengembangan (Dibayar pertahun) : 3.000.000
Biaya Semesteran : 3.500.000
Biaya SPP untuk Playgorup fullday (usia >2tahun)* : 900.000
*Biaya SPP tergantung usia, kalo yang dibawah 2 tahun SPPnya 1.300.000. Untuk yang TK beda lagi harganya
Biaya Catering (Optional. Untuk 2 kali snack dan makan siang) : 300.000/bulan
Biaya Overtime : 15.000/30menit atau 25.000/60menit
>> Note 
Daycare bisa harian, tapi harus konfirmasi H-1

Ini harganya emang agak bikin saya syok tapi seriusan daycarenya keren. Seperti tulisan saya sebelumnya bahwa keunggulan utama daycare dari pengasuh adalah kegiatannya. Kalo kegiatan di daycare gitu-gitu aja, kayak kegiatan dirumah sama pengasuh, buat apa kan? Di daycare ga ada eksploitasi anak kok. Mereka ga dipaksa belajar ini itu, hanya di stimulasi untuk belajar banyak hal dan beraktivitas positif. Jadi ya menurut saya harganya sebanding lah dengan fasilitas dan kegiatan yang ditawarkan. Lagian kalo saya liat-liat review daycare di kota bandung tuh harganya udah mendekati angka 3 semua lho hahaha. Tapi sayangnya daycare ini terlalu jauh dari kantor. Dari rumahpun lumayan jauh. Jadi Kayla ga jadi ke daycare ini. Huhuhu sediiih :((
Baca juga : Daycare atau Pengasuh

4. Daycare Neverland CLC
Jl. Kembar Baru No.40, Cigereleng, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40253

>> Lokasi
Lokasi deket SMA 11 Bandung. Meskipun lokasinya dideket kota, tapi jalan masuknya agak mblusuk kedalem. Tapi deket kantor suami saya banget haha.
>> Caregiver 
Lupa juga berapa rasio bunda dan anaknya. Bunda-bundanya masih muda-muda banget, energic gitu pastinya ya dan ramah-ramah. Dan pengasuhnya ada yang emang tinggal disitu jadi ya bagi yang sering telat jemput mungkin ga perlu khawatir ya.
>> Owner/Kepala Sekolah
Owner Daycarenya rumahnya di Antapani tapi kadang kesekolah juga buat lihat-lihat, kata si mbaknya sih gitu yaa.Tapi saya ga ngobrol sama Kepala Sekolahnya sih.
>> Bangunan dan Area Bermain
Bangunan cuma 1 lantai tapi luaaaaaas. Ada ruangan besar kayak ruang berkumpul, ada beberapa ruang kelas buat TK, ada kamar bobok, dapur dan arena terbuka yang letaknya disamping rumah. Jadi halaman depan tuh steril dari tempat bermain jadi bisa buat parkir hehe. Tapi eh tapi, saya merasa pencahayaan disini kurang terang benderang gitu. Gak tau ya mungkin karena udah sore kali ya saya kesitu dan lampu ruangan belum dinyalain, jadi suasananya rada redup redup syahdu gitu haha. Pada dasarnya saya agak penakut juga sih orangnya jadi semua pengennya serba terang benderang, apalagi kalo bukan dirumah sendiri ya.
>> CCTV
Tidak ada CCTV
>> Kegiatan Daycare
Nah kalo kegiatannya rada mirip sama Almalia School nih. Di Neverland juga ada kelas Daycare, Playschool dan Kindergaten. Mereka kadang ada kelas fun cooking gitu, kelas menggambar, dll. Seruu kan? Belajarnya tuh gak melulu belajar baca, matematika dan sejenisnya tapi lebih belajar yang fun gitu. Kegiatan tambahan ada outing, berenang, class project dan ada pentas seni. Dan serunya tuh pentas seninya diluar dong, di Chinatown. Ya tapi ini pasti buat yang udah gedhe ya, kalo bayi-bayi terima liat latihannya aja dulu ya haha. Trus juga ada pemeriksaan dokter. Tapi kalo ga salah sih cuma dokter umum ya, ga ada dokter gigi atau psikolognya. 
>> Report Book
Ada
>> Biaya 
Biaya awal : 800.000 (ini sudah termasuk seragam 3 stel, tas sekolah & Goodie Bag)
Biaya Pengembangan (dibayar per tahun) : 3.000.000
Biaya Kegiatan (dibayar per semester) : 1.250.000
Biaya SPP (dibayar per bulan) : 1.350.000
Tapi biaya tersebut belum biaya makan ya. Cuma saya lupa deh biaya makannya berapa, antara 15.000-25.000 per hari gitu
Biaya overtime : 15.000/30menit
>> Note 
Ada free trial class setiap hari selasa (tapi cuma 1 jam)

5. Daycare Pondok si Kecil Aghniy
Jalan Pasir Rd.H.Ahmad Kanti No.2,, Ancol, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
>> Lokasi
Lokasi strategis banget karena deket Jl. BKR yang mana ini sungguh deket kemana-mana dan jalan masuknya juga ga jauh dari Jl. BKR
>> Caregiver
Bundanya ada 5 orang untuk sekitar 13 orang anak. Bundanya rapi-rapi gitu, ramah dan baik-baik. Dan ada piket harian juga jadi ya aman lah kalo harus telat jemput hahaha. Tapi ini deket sama kantor suami sih dan lumayan deket kantor saya juga
>> Owner/Kepala SekolahDuuh kalo ini gausah ditanya deh. Ownernya yang juga sebagai kepala sekolah tuh baik banget. Ramah lagi. Jadi ternyata beliau juga sehari-harinya ikut aktivitas di daycare juga. Jadi ga sekadar "ngelongok" daycare doang. Dan ya karena beliau juga dulunya working mom ya, jadi ngerti gitu kebutuhan rakyat-rakyat kayak saya gini. Dan si ibu beneran ngelola Daycare secara langsung. Dia gak menyerahkan pengelolaan daycare ke Karyawannya. Dan menurut saya ini POIN PLUS banget ya. Karena saya bisa yakin kalo kegiatan daycare dan semua fasilitasnya tuh dibawah kontrol beliau langsung. Dan kalo saya liat sih si Ibu nih tipe-tipe orang yang bakal ngebriefing karyawannya gitu. Artinya dia ga lepas tangan lah sama kinerja bunda-bunda pengasuh yang lain. Apalagi keponakan si owner juga dititipin di Daycare. Dan Ownernya punya baby yang ikut juga di kegiatan Daycare. Jadi ya kurang percaya apalagi sih? Haha
>> Bangunan dan Area Bermain
Nah kalo disini bangunan Daycare nempel langsung sama rumah pemilik Daycare. Taman bermain diluar ada juga tapi karena lagi ada renovasi dan perluasan bangunan, jadi ya emang taman bermain sementara ga bisa dipake dulu. Daycarenya juga adem sih, soalnya pake AC wkwkwk. Tapi diluar juga sejuk kok karena banyak pohon. Terus karena pake pintu kaca ya jadi matahari masuk keruangan gitu. Terus disini banyak banget koleksi buku-buku anak-anak terkini terpampang rapi di rak. Selain itu ruangannya bersih banget, lebih bersih dari rumahku HAHAHA. Karena sempet ngelongok ke kamar mandi juga sih. Kebersihan rumah itu kan tercermin dari kamar mandinya ya gengs. Kalo kamar mandinya bersih berarti lainnya juga bersih.
>> CCTV
Ada CCTV
>> Kegiatan Daycare
Kalo kegiatan mereka udah punya jadwal nih, bulan ini temanya apa, hari ini kegiatannya apa. Trus kalo setiap hari jumat ada prakarya gitu. Trus ada outing juga, konsultasi psikolog, pemeriksaan dokter umum, pemeriksaan dokter gigi, dan student report book. Sayangnya disini belum ada PG atau TK tapi katanya sih udah lagi proses menuju kesana.
>> Report Book
Ada
>> Biaya
Biaya awal : Lebih dari 2 juta (Pastinya lupa deh berapa soalnya saya bayarnya nyicil 3 kali wkwkwk)
Biaya Kegiatan (dibayar tahunan) : 1.300.000
Biaya SPP (dibayar bulanan): 1.700.000 (Udah termasuk snack sore dan makan siang)
Biaya Overtime : 25.000/30menit
Kalo disini biaya SPP kelihatannya mahal ya tapi sebenernya kalo dihitung-hitung malah lebih murah sih dari 2 Daycare sebelumnya karena ga ada biaya semesteran lagi dan udah termasuk biaya makan.
>> Note 
Daycare bisa harian

== urutan Review Daycare ini berdasarkan urutan survey yang saya lakukan yaaa==

Ini Daycare yang saya survey langsung ya. Daycare lainnya yang di Bandung sebenernya buanyak banget dengan fasilitas dan harga lebih yahud. Dan sebenernya tidak ada daycare yang sempurna (karena yang paling baik adalah ngurusin anak sendiri *syaaaap! hormat!*), jadi pilihlan daycare yang kekurangannya bisa kamu terima. Kalo prinsip saya nyari daycare adalah nyari daycare yang kira-kira bisa bikin saya betah. Betah sama tempatnya, betah sama orang-orangnya dan betah juga bayar bulanannya. Kalo harganya terjangkau tapi ga bikin betah, ya buat apa. Kita aja ga betah kok nyuruh anak kita disitu kan? Kalo harganya agak mahal tapi bikin betah yaaaa.... yaa biasanya emang gitu. Yang mahal biasanya kan karena nyaman, makanya mahal. HAHAHAHA.

Oh ya, survey ini saya lakukan di pertengahan tahun 2018 ya. Untuk harga dan fasilitas mungkin aja udah berubah ya.

Semoga bermanfaat ya bund :*

12 comments:

  1. Halo mba, salam kenal...reviewnya berguna bgt nih buat saya kebetulan lg cari daycare sekitaran buah batu, berminat sih di Almalia school tp euy harganya💔
    kalo boleh tau Kayla jadinya masuk daycare mana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Risna, salam kenal juga :). hehe iya mba lumayan ya harganya. hihi saya kok merasa insecure kalo jawab nama daycare Kayla disini yaaa :D. Boleh DM ke Instagram saya @mayapratiwi atau ngobrol di email mayapratiwi0@gmail.com ya mba :)

      Delete
  2. Halo Mba Pratiwi..terima kasih banyak review-nya..bagus dan detail banget..infonya sangat membantu lho mba..walaupun kalo buat saya lokasinya jauh semua dari rumah saya di Soreang..lagi gundah juga ini nyari2 daycare..masih browsing2 dan cek ig langsung nemu post-nya mba Pratiwi..yang terbaik memang diasuh sama ibunya sendiri ya mba..tapi kadang kondisi kita gak ideal..sekali lagi terima kasih banyak tulisannya ya mba..jadi tau apa aja yang harus dilihat dan ditanyakan kalo mau survei day care..terima kasih dan salam kenal mba Pratiwi ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal mba Riri 😊. Lama banget aku balesnya haha, pas lg rempong nyiapin liburan nih haha. Alhamdulilah mba kalo bermanfaat mba, semoga cepet ketemu daycare yg cocoknya ya mbaa :)

      Delete
  3. Halo Mba Pratiwi..terima kasih banyak review-nya..bagus dan detail banget..infonya sangat membantu lho mba..walaupun kalo buat saya lokasinya jauh semua dari rumah saya di Soreang..lagi gundah juga ini nyari2 daycare..masih browsing2 dan cek ig langsung nemu post-nya mba Pratiwi..yang terbaik memang diasuh sama ibunya sendiri ya mba..tapi kadang kondisi kita gak ideal..sekali lagi terima kasih banyak tulisannya ya mba..jadi tau apa aja yang harus dilihat dan ditanyakan kalo mau survei day care..terima kasih dan salam kenal mba Pratiwi..

    ReplyDelete
  4. Halo Mba pratiwi, terimakasih byk reviewnya :) Hampir 3bln anakku jg masuk salah satu daycare diatas, tp skrg cuti dulu krn sakit2an terus.. skrg jd sama pengasuh deh drmh. Yp reviewnya bermanfaaat bgt, buat referensi utk cari daycare ke depannya. Salam kenal Mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Astri, Waah iya ya, nyari dimana mba pengasuhnya?
      aamiin mba semoga bermanfaat

      Delete

  5. Bismillahirrohmanirrohiim..
    .
    Dear Ayah Bunda warga kota Bandung, ada kabar gembira nih..
    Telah dibuka AZMYA DAYCARE..
    Taman penitipan anak di wilayah Bandung Timur tepatnya di Kawaluyaan..
    .
    Kami memiliki fasilitas yg cukup memadai untuk mendukung tumbuh kembang putra putri Ayah Bunda..
    Selain itu ada juga catering harian yang sehat, sehingga gizi putra putri Ayah Bunda terpenuhi sesuai jenjang usianya..
    .
    Ayo, segera daftarakan putra putrinya, mumpung masih ada promo dan juga kuota anaknya terbatas loh..
    Bagi Ayah Bunda yang ingin bertanya2, bisa langsung hubungi kami ya ❤
    WA 082111134558
    IG @azmya.daycare
    Web azmyadaycare.wordpress.com

    ReplyDelete
  6. Untuk wilayah Katapang-Soreang kini sdh hadir Syakira Daycare beralamat di komplek Gandasari Indah F9, dan utk wilayah Banjaran ada Syakira Daycare 2 di komplek Griya Permata Indah blok C1 no 11,Sindang Panon Banjaran.in sya Allah biayanya terjangkau. CP:085624030485

    ReplyDelete
  7. Dear parents

    untuk daerah soreang-banjaran ada daycare berbasis adab quran yaitu Daycare Bunda Piara, untuk lokasinya daerah leuwi nutug bojonmg sayang belakang (polres bandung) untuk lokasi strategis dan sekolah yang nyaman, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin kami 085603276634

    ReplyDelete
  8. Dear parents

    untuk daerah soreang banjaran ada daycare berbasis adab quran yaitu Daycare Bunda Piara, untuk lokasinya daerah leuwi nutug bojong sayang belakang (polres bandung) untuk lokasi strategis dan sekolah yang nyaman, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin kami 085603276634 atau bisa langsung datang ke sekolah kami di kp Leuwi nutug Bojong Sayang, Pananjung, Kec. Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40238

    ReplyDelete
  9. Dear parents

    untuk daerah soreang-banjaran ada daycare berbasis adab quran yaitu Daycare Bunda Piara, untuk lokasinya daerah leuwi nutug bojonmg sayang belakang (polres bandung) untuk lokasi strategis dan sekolah yang nyaman, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin kami 085603276634 atau bisa langsung datang ke sekolah kami di Leuwi nutug Bojong Sayang, Pananjung, Kec. Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40238

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)