Friday, July 13, 2018

[Review] Buku Grolier Fun Thinker - Aku Ingin Tahu Mengapa

BY Maya Pratiwi IN , , , , , No comments


Dari awal saya pengen banget Kayla suka baca buku. Dan bermimpi kalo nangis yang diminta tuh bukan HP, Es krim, coklat, atau nen. Tapi "minta buku mamaaaaa!!!!".

Dan biasanya saya emang gampang termakan iklan buku sih. Macem buku anak-anak yang kala itu lagi hits banget. Dengan iklan yang katanya buku edukatif, interaktif, dan bisa meningkatkan ikatan anak dan orang tua. Saya beli dong pastinya, bahkan siap-siap mau jadi reseller, lol. Tapi untungnya gak lolos. Kalo lolos bingung juga ya, kapan mau jualan. Lha wong nyobain dropship baju aja ga jalan malah mau jadi reseller, wkwkwk. Dan buku hits tadi itu saya gak terlalu suka. Terutama karena ceritanya yang dibawain tuh aneh gitu, menurut saya lho ya. Semacam : "Hah ini apa sih maksud ceritanya...". Kurang menarik

Dan kemudian lebih selektif kalo milih buku. Apalagi kalo beli online. Secara biasanya buku bayi dan anak-anak yang mengusung tema "edukatif" tuh pasti agak mehong ya. Apalagi sekarang tren buku paketan gitu. Jadi harga satuannya sih mungkin cuma 50-100ribu ya, tapi mereka ngejual paketan yang sepaketnya isi 25buku. Jadi bayarnya sejuta juga kan, haha. 

Dan suatu hari ketika kami bertiga jelong-jelong ke Transmart Buah Batu, ada stand kecil buku Grolier yang saya gak pernah tau buku apakah itu *maaf kudet*. Dan saat itu Kaylanya gak mau diem, maunya ngideeer terus kemana-mana. Dari sudut mataku, kulihat mbak-mbak Grolier memandangi Kayla. Mengawasi Kayla dan berharap Kayla berkunjung ke standnya. Dudududu kutakbisa menahan langkah Kayla. Menepilah Kayla ke stand Grolier.

....

Tapi penasaran buku apa sih ini ya. Akhirnya si mbaknya menjelaskan. Dan Kayla tertarik!! Waoow hebat. Dan saya mulai termakan bujuk rayu mbaknya untuk melihat-lihat isi buku. Lama-lama pengen beli.

Saya gak nanya harga dulu karena takut pengsan. Saya tanya dulu ke mbaknya, ini buku apa sih. Dijelasin lah sama mbaknya. Grolier ini sebenernya merek buku yang punya banyak seri buku. Yang kemaren saya lihat seri Fun Thinkers. Jadi 1 paket Fun Thinkers terdiri dari 10 buku : 3 buku Math, 3 buku English, 3 buku Thingking Skill, dan 1 buku All Arround. Masing-masing tipe ada levelnya. Jadi 3 buku matematika tuh terdiri dari level 1 sampe level 3. Level ini ngebedain tingkat kesulitannya.


Fun Thinker Terdiri dari 10 Buku

Bukunya sebenernya simpel banget isinya tapi dikemas jadi seperti matching game gitu. Ada alat bantu peraganya berupa kotak-kotak bernomor. Jadi nanti kita ngarahin anak untuk ngambil nomor di halaman sebelah kiri, lalu nomornya ditaroh di gambar sebelah kanan sesuai clue dari gamenya. Jadi misal gamenya mencocokkan warna, kalo nomor di sebelah kiri isinya warna hijau berarti taroh nomor tadi di gambar warna hijau yang ada di halaman sebelah kanan. Bisa dibolak balik sih kanan kirinya, cuma kalo berdasarkan kunci jawaban mereka nunjuk halaman kiri sebagai soal dan halaman kanan sebagai jawaban.

Dan setiap halaman punya tema sendiri-sendiri. Dan ini interaktif banget. Kayla bisa belajar tentang macam-macam hal sesuai tema gamenya, bisa belajar fokus dan teliti untuk ngepasin gambar, dan juga Kayla belajar mengikuti instruksi. Dan untuk level yang lebih tinggi, clue gamenya makin sulit jadi bisa ngasah otak banget. Dan ini bisa melatih otak kanan dan otak kiri. Permainannya banyak yang mirip soal-soal psikotes gitu.




Math
Contoh permainan di Math level 1.
Yang pasti temanya matematika ya. Tapi karena konsepnya matching game gitu jadi belajarnya jadi asik banget. Contohnya nih ya untuk belajar bentuk geometri. Ini kita sebagai orang tua bisa ngarahin mau belajar warna dulu kah, belajar bentuknya dulu, atau bisa langsung kombinasi. Dan satu buku isinya macem-macem. Ada yang belajar menghitung juga jadi anak gak bosen.

English
Contoh permainan di English level 1.
Untuk yang English juga macem-macem sih isinya tapi ini contohnya, belajar warna. Ini yang biasa Kayla mainin. Dan sebenernya kita orang tua bisa ngarahin mau belajar apa dulu nih. Bisa belajar warna dulu jadi kasih tau mana warna hijau/green, mana warna kuning, dsb. Atau langsung ke matching game.


Thinking Skill
Contoh permainan di Thinking Skill level 1.
Inisih lebih mirip soal psikotes ya. Haha. Dan isinya buanyak sekali dan macem-macem. Mulai dari yang gampang sampe yang sulit. Isinya mirip-mirip sih emang tapi sebenernya banyak dan bervariasi karena masing-masing halaman cluenya beda-beda. Ngebayanginnya nanti kalo Kayla udah umur 3 tahun, udah bisa banyak diajak ngobrol, bisa diajak mikir agak susah, pasti seru deh!

Daaan lebih serunya lagi, ada promoooooo!!!
Mereka buka stand di transmart pasti datang bawa diskon promo dong ya. Kalo enggak ya ngapain kan disitu. Jadi selama promo, ada diskon harga khusus. Dan karena mereka bisa bayarnya nyicil jadi kalo bayar cash dapet diskon harga lagi. Ditambah lagi selama promo, mereka ngasih bonus 24 buku seri Ensiklopedia "Aku Ingin Tau Mengapa". Wuoaaaw!!! MENARIK !! Jadi total yang didapat tuh 34buku. Hihihihi

24 Buku Ensiklopedia Aku Ingin Tahu Mengapa + 10 Buku Fun Thinker
Ensiklopedi "Aku ingin tahu mengapa"
Ini contoh ensiklopedia "Aku Ingin Tau Mengapa", bahasanya simpel dan gampang dimengerti sama anak-anak. Kalo belum bisa baca ya bisalah bapak mamaknya yang baca dulu jadi nanti kalo anaknya nanyain sesuatu bisa jawab. Kalo lagi belajar baca atau udah bisa baca tetep bisa dipake juga kan. Ensiklopedinya tentang hal-hal disekitar kita jadi cocok banget untuk memenuhi hasrat keingintahuan balita yang lagi pengen tau segalanya. Seperti pertanyaan "Mengapa perut keroncongan?" atau "Mengapa Air Laut terasa Asin?".

Kalo gambar-gambar dan animasinya saya kurang suka sih sebenernya, tapi itu relatif ya cuma masalah selera doang. Yang penting kontennya keren!!

Contoh Eksiklopedia Aku Ingin Tau Mengapa - Grolier

Ya Khaaaan Seruuu Khaaaan. Siapa yang tidak tertarik cobaaa?? Apalagi pas Abi bisa menyelesaikan tantangan mas Grolier untuk ngerjain salah satu soal di thinking skill level 3.

"Wuaaa Abi Kayla hebat yaa bisa ngerjain. Se Bandung baru pecah telor nih pak, belum ada yang bisa sebelumnya.".

Aaaah suamiku bikin bangga deh *Kibas Kerudung*. Di puji kayak gitu jelas dong abi merasa tertantang untuk ngeluarin duit.

Yauda gitu. Langsung beli.

Padahal awal bulan ini niatnya mau berhemat buat DP Rumah,lol.
Beli bukunya enggak beli cash langsung saat itu sih. Baru booking doang, dua hari kemudian baru dianterin kerumah bukunya sekalian bayar sisanya.

Lebay Gak sih beli buku ginian?
Eeeem menurut saya sih enggak. Soalnya emang dirumah pengan punya perpustakaan. Rak bukunya butuh di isi buku kan hehe. Dan bukunya bagus kok kontennya, bermanfaat dan sebanding lah dengan harganya. Serius deh. Ini bukan nyari justifikasi biar gak nyesel telah ngeluarin uang yang mayan gedhe untuk beli buku ya. Tapi seriusan buku ini tuh edukatif. Secara teori mereka bilang bukunya bisa dipake sampe usia SMP. Tapi nyatanya level bapak-bapak aja ada yang gak bisa ngerjain teka tekinya. Artinya bisa dipake sampe semua umur dong ya. Syukur-syukur bisa diwariskan untuk anak Kayla nanti kan.

Apakah Kayla gak rusuh sama bukunya?
Ya lumayan haha.
Sebenernya Kayla sekarang cukup kooperatif sih. Kalo lagi baca buku udah gak corat coret dan sobek sobek lagi ASALKAN saya ngoceh berdongeng. Dan sekarang Kayla udah mengerti hakekat dari kata "Sobek". Jadi kalo dia habis nyobek sesuatu udah bisa bilang, "mih mih iat, cobek cobek". Hyaaa Okelah.

Untuk umur Kayla yang belum genep 2 tahun emang masih rada harus sabar mengarahkannya. Kadang masih pengen main sendiri gitu. Nuker-nuker kotaknya sesuka hati padahal saya udah ngoceh ngoceh "ayoo taroh di yang warna kuniiing." tapi ditarohnya diwarna lain. Ya gitu deh, kadang mau ngikutin intsruksi, kadang enggak. Tapi ini kan proses belajar ya. Dan emang beli buku ini biar Kayla makin terampil kan tujuannya.


Jadi intinya. Bukunya mungkin rada pricey ya. Meskipun itu relatif banget tergantung masing-masing orang. Cuma ya sebanding dengan kontennya laaah. Buku ini bisa dipake sampe Kayla besar nanti, permainannya banyak, kontennya bagus dan terarah, bisa interaktif juga sambil belajar banyak hal dan bisa melatif fokus anak. Unik lah seru. Dari pada saya beli buku di toko buku, kontennya belum tentu sebagus ini. Kalo isinya dongeng doang sih ya saya juga bisa ngedebus ngarang bikin cerita sendiri, gausah dari buku juga bisa. Ya bukan berarti buku dongeng gak bagus ya. Kayla juga punya banyak buku cerita dirumah, bisa dipake pas nanti udah Kayla belajar baca. Tapi maksudnya saya kan lagi ngeriview buku ini yaaaa, jadi ya kita fokus aja ke buku ini gitu. Lol

Yaah dari sekian banyak buku edukasi yang saya beli buat Kayla, buku ini masih yang paling worth to buy lah. Mau dipake buat cerita atau berdongeng bisa, belajar warna, bentuk, matematika, membaca, semua bisa. Dan suka-suka kita mau menjelaskan dari sisi mana.

Oke buibu, bagaimana tertarik? :D

0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)