Monday, July 9, 2018

Gadget Free. Nasehat buat Anak atau Orang Tua?

BY Maya Pratiwi IN , , , No comments



Aku dan Abi baru saja memulai gerakan mengurangi gadget dan TV dirumah. Baru 2 minggu sih sepulang mudik lebaran. Kenapa? Ya biar ngurang-ngurangin Kayla main HP aja sih, haha #gakjelas.

Sebenernya aku masih agak ngeblur dengan aturan perHPan dirumah. Aku pribadi ga suka Kayla mainan HP, ga berfaedah banget dan lebih sering berujung ke HP yang lecet-lecet. Kan sayang hapenya :(. Lagian kalo Kayla main HP trus aku main apa dong? :(. Dan ngeliat kasus keponakan dan anak-anak sebaya Kayla lainnya, mereka kecanduan parah sama HP. Diajak ngobrol kayak ga ngrespon gitu. Ya kalo main HPnya tuh mainin game yang edukatif masih mending lah ya, ini tuh ngeliatin video di youtube sambil mlongo gitu. Kan sedih ngeliatnya.

Dan aku pengen banget Kayla suka sama buku. Suka baca buku, suka menggambar, suka bernyanyi dan hobi-hobi macem itulah, jadi kalo nangis tuh yang diminta bukan susu atau HP tapi nangis-nangis minta baca buku. Keren kan !!! lol.

(( Baca : Alasan menjauhkan anak dari Gadget dan TV ))

Cuma dirumahtanggaku, sebenernya yang jadi permasalahan utama tuh bukan Kayla yang main HP terus sih. Karena sesungguhnya efek main HP di Kayla tuh gak buruk-buruk banget. Kayla kalo minta mainan HP tuh cuma kalo lagi ngeliat HP doang. Kalo gak liat HP ya lempeng aja nonton TV atau mainan yang lain. Kalopun minta HP dan ga aku bolehin, nangisnya bentar doang. Dialihkan perhatian ke yang lain tuh masih mau. Dan habis itu udah lupa sama minta HP. Pun kalo lagi main HP, misalnya aku putuskan untuk udahan mainnya juga gak heboh sih. Ya kehebohan kecil laah, tapi dialihkan perhatian juga gampang.

Jadi apa sih main problemnya?

Sejujurnya aku masalah utamanya. HAHA
Karena kebiasaan kalo menyusui sambil scrolling instagram :D. Jadi ya gitu deh, suka latah. Niat hati liat jam, ternyata mencet feeds instagram. Dan suka ngerasa sepenting itu liat instagram karena dulu kalo menyusui trus gak pegang HP tuh pasti ikut merem. Haha

Emang apa sih yang dibuka-buka di HP?
Eemmm apa yaaah. Pastinya pesan masuk atau chatting sih ya. Apalagi aku kerja di perusahaan jasa dan kemaren-kemaren gabung di divisi yang emang ngelola customer. Jadi pasti ada ada aja customer yang ngehubungin aku di luar jam kerja dan yaa harus aku respon. Selain ngecek pesan masuk biasanya sih instagram. Tapi agak berfaedah yaa, bukan ngeliatin barang-barang olshop. Ya olshop kadang-kadang tapi cuma liat sekilas doang karena kutahu gak akan beli juga, lol. Aku lebih suka buka akun yang ngasih info parenting sih. Entah akun personal atau akun bisnis. Atau kadang akun yang isinya inspirasi rumah gitu. Atau akun kuliner atau tutorial masak-masak gitudeh. Yah pokoknya sebenernya yang aku liatin di instagram tuh akun yang punya konten bagus sih yaa. Cumaan ya itu, suka lupa diri haha. 

Jadi, sebenernya Gadget Free tuh nasehat buat Anak atau Orang Tua yaaa ???? 
HAHAHAHA

Aku udah bertekad untuk berubah. Kalo dulu nulis blog suka dari HP di rumah, kalo sekarang ngambil waktu istirahat kalo di kantor hehe. Ya sekarang lagi suka ngeblog ya biar gak stress dikantor ngeblog dulu bentar. Kemaren-kemaren lagi suka liat vlog orang ya nonton dulu biar gak stress. Dan kemaren-kemaren suka bingung mainan apa sama Kayla dirumah, sekarang aku udah punya banyak buku bacaan buat dibaca bareng sama Kayla (Next review buku Grolier Fun Thinkers). Dan sekarang aku baru tau manfaat beli buku buat anak-anak. Hahahaha. Dulu kan peer banget, beli buku mahal ujung-ujungnya dicoret-coret dan disobek sama Kayla. Kalo sekarang Kayla dibacain buku bahagia banget dan dengerin aku cerita apa dan suka menirukan gitu. Seru deh pokoknya.

Dan aku harus punya target milestone perkembangan Kayla. Ini gak bermaksud gimana-gimana ya cuma biar aku fokus aja. Misal nih 3 bulan ini targetnya Kayla bisa membedakan warna, bisa nambah 3 koleksi lagu baru, bisa nambah 10 nama binatang baru, dan lain-lain. Ini sebenernya biar aku fokus main dan belajar bareng Kayla. Gak bermaksud maksa Kayla bisa sih. Tapi minimal sambil bacain buku atau mainan gombik atau kalo lagi jalan-jalan aku bisa nyelipin tentang hal-hal itu tadi. Dan biar aku gak sibuk juga dengan gadgetku, wkwkwkwk.

Jadi sebelum kita ngelarang anak-anak buat gak main HP mulu emang sebaiknya kita berkaca ya. Kita udah bijaksana belum sih pake gadget? Kira-kira hubungan kita dan HP bakal ngerusak hubungan kita dengan keluarga gak sih? Kira-kira mana yang bisa ditunda, buka HP atau main sama anak, mengingat mungkin bagi ibu pekerja kayak aku gini waktu paling berkualitas sama anak ya cuma sabtu minggu, hari libur dan malam hari doang.

Dan bagi ibu-ibu yang punya nanny atau suster, ditinjau ulang deh komplain kalian tentang pengasuh yang suka main HP pas lagi kerja. Karena aku banyak liat, baca, diceritain dan mengalami sendiri hal ini. Dulu pas di Magelang, yang ngasuh Kayla juga kadang main HP dan kadang kubete juga sih yaa.  Padahal belum tentu kalo kita yang jagain anak kita bakal gak megang HP kan ?

Megang HP, mainan HP, ga papa sih manusiawi kok biar kita gak stress menghadapi kehidupan nyata. Tapi tetep harus bijaksana ya gaes. 

Dan semangat membara ini disponsori oleh sharing-sharing parenting di Instagram :D


0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)