Thursday, July 5, 2018

Baby Blues Syndrome (Part 2) - Mengatasi Baby Blues Pasca Melahirkan

BY Maya Pratiwi IN , , , , No comments


Aku mempersiapkan persalinanku dengan baik, setidaknya itu menurutku yaa, hahaha. Aku membeli banyak buku tentang hamil dan persalinan. Aku membaca banyak referensi tentang persalinan. Kalo kata Bu Yessi Aprilia, aku berusaha memberdayakan diriku untuk menghadapi persalinan. Dan bahkan aku ngajakin abi untuk ikut workshop gentle birth :D Wkwkwkwk kocak.

Aku sengaja beli birthing ball, yoga (hampir) tiap pagi, praktekin gerakan-gerakan yang diajarin waktu workshop dan 2 minggu sebelum persalinan setiap hari jalan pagi selama 1-2 jam :D. Hasilnya? Alhamdulilah persalinanku lancar dan cepet. Kapan-kapan aku ceritain ya hihi

Aku puas banget dengan persiapan persalinanku dan Alhamdulilah hasilnya seperti yang aku harapkan. Meskipun waktu itu pengennya sih perineum aku ga sobek ya haha, apa daya di jahit juga. Tapi tak mengapa, ternyata ga semengerikan yang aku bayangin sih.

Nah tapi !! Aku lupa menyiapkan pasca persalinanku. Yang aku khawatirkan adalah persalinan. Cerita yang aku dapet seputar persalinan tuh ga enak semua, haha. Makanya aku fokus untuk menghadapi persalinan. Aku lupa kalo setelah persalinan aku akan menghadapi hidup baru. Dan aku pikir semua akan baik-baik aja. Aku kira gak ada lagi yang perlu dipersiapkan. Aku sudah sangat bahagia menunggu kelahiran bayiku, lalu apa lagi yang aku butuhkan? Pikirku begitu.

Tapi seperti yang udah aku ceritain disini, ternyata pasca melahirkan kondisiku sangat naik turun gitu. Bahagia, sedih, kecewa, khawatir semua bercampur aduk gak karuan. Aku pernah baca tentang Baby Blues, tapi aku ga belajar dari pengalaman orang lain. Untuk itulah aku bikin tulisan ini, semoga ada yang belajar dari ceritaku dan bisa lebih mempersiapkan diri.

Saranku untuk mengatasi Baby Blues:

1. Terima Aja Dulu, Sabar
Menerima apa? Menerima kenyataan dong yaa hahaha :D
Terimalah kalo sekarang kamu udah jadi ibu. Terimalah apa adanya kondisimu saat ini. 
  • Badan kamu ndlewer usai melahirkan? Biarin, terima aja dulu. Nanti bisa diperbaiki. Percayalah perutku yang tadinya gliwir-gliwir habis lahiran, kira-kira 6 bulan kemudian udah normal kok. Normal ya masih gedhe sih ya cuma gak gliwir-gliwir lagi. jadi struktur daging perutku udah mulai kokoh lagi gitu, wkwkwkwk. Awalnya kan gliwir-gliwir gara-gara tadinya melar gedhe banget tiba-tiba kempes kaan. Ya kalo mau perutnya rata tinggal olahraga. Kalo masih menyusui mah turun berat badannya cepet kok. Percaya deh
  • Bayi kamu maunya digendong terus? Biarin, terima aja dulu. Iya sih kita berusaha biar anak kita gak bau tangan seperti nasehat-nasehat orang tua kita dulu. Tapi kalo menurutku sih yaa, itu gak semata-mata kebiasaan. Anak kita maunya digendong mulu, itu bukan karena kita kebiasaan gendong ya. Tapi emang karakter anak kita tuh gitu. Anaknya sodaraku dari bayi langsung mau mau aja tuh bobok sendiri. Kalo udah kenyang yaudah aja dia tidur. Malah harus ibunya yang rajin bangun tiap 2 jam untuk menyusui Anaknya.  Anaknya temenku juga gitu sama, gampang aja boboknya. Kayla Alhamdulilah sejak malam pertama dia lahir langsung gak mau bobok. Maunya dinenenin terus. Dari malam pertama lho ya. Kek mana mau dibilang Kayla kebiasaan di gendong jadi bau tangan, wong dari pertama lahir juga ga mau diletak kalo bobok. Lagian coba bayangin gimana nenenin bayi merah baru lahir kalo gak digendong?? Ditidurin aja di kasur trus kitanya yang miring-miring ngasih ASI gitu?? Ya coba aja kalo bayinya gak kejepit >.<. Dan Kayla kalo habis di nenenin, rasa-rasanya udah pulas boboknya, aku taroh di kasur ya kan, beberapa menit kemudian nangis lagi tuh minta ASI. Hahaha >.<. Jadiiii kesimpulannya, kalo anak kamu sukanya nenen atau digendong kalo bobok, itu gak semata-mata hanya karena kebiasaan. Bisa jadi emang anak kamu ga sekalem bayi lain gitu. Jadi mending terima aja dulu. Ikutin aja naluri alami anak kamu. Nanti semakin lama bayi beranjak tumbuh dan semakin besar, ada saatnya nanti anak kamu siap diajarin konsep siang malam, bobok dikasur, dan lain-lain dan lain sebagainya. Jadi gausah khawatir kata orang. Gausah khawatir anak kamu bakal selamanya gitu, gausah buru-buru mendisiplinkan anak kamu. Terima aja dulu. Kayak misal ngasih dot ke bayi. Jangan dikira gampang ya. Aku sih belum pernah makein Kayla dot yang harganya mahal ya, paling merk yang terkenal di pasaran aja. Dan itu ga gampang lho. Nipple Dot dibanding Nipple Ibu tuh lebih lentur Nipple Ibu, jadi ada beberapa bayi yang susah minum pake Dot karena lebih keras dan gak lentur. Kayla pun gitu, ga mau pake dot. Dia mau pake dot tuh baru umur 5 bulan. Sebelumnya kalo dikasih dot kayak di dorong-dorong doang pake lidah. Ya kadang mau sih tapi baru umur 5 bulan yang beneran langsung mau pake dot. Tapi aku stop gara-gara bingung puting (akan aku ceritain juga nanti ya, nanti nanti gatau kapan haha)
  • Dll, dst
Terima aja dulu semuanya. Ini hal mendasar banget. Sama kan kayak waktu mau lahiran. Terima aja dulu semua perasaan-perasaan yang muncul. Sakit, gak nyaman, pegel, terima aja dulu. Jangan buru-buru dilawan. Ikuti alurnya dan nikmati aja dulu :D

2. Banyak Baca dan Berdiskusi
Coba banyak tanya dan berdiskusi dengan keluargamu atau temen kamu yang juga pernah punya anak bayi. Gimana bayi mereka dulu. Tapi aku lebih suka baca di blog orang sih, atau nanya ke keluarga hahaha. Kalo nanya ke orang lain khawatir dapet nasehat-nasehat yang kadang bikin aku drama lagi wkwkwkwk. Kalo kita banyak tau kisah orang dalam menghadapi baby blues, kita akan paham kalo baby blues gak cuma terjadi sama kita. Ini tuh cuma bentar. Palingan 2-3 bulan habis itu semua akan baik-baik aja. Jadi ga perlu terlalu khawatir

3. Jujur Sama Keluarga
Ini penting banget. Meskipun awalnya aku cuma curhat sama abi doang, pelan-pelan aku mulai terbuka dengan keluargaku yang lain. Jujur tentang apa sih? Jujur tentang kondisi kita. Jujur apa maunya kita ke keluarga. Misal, aku mau makan buah-buahan yang banyak aja deh dari pada harus tiap hari makan telor rebus. Atau aku mau makan telor ayam kampung tiap hari tapi ga mau direbus, kadang-kadang digoreng, kadang di santan, kadang jadi telor orak-arik atau kadang jadi nasi goreng. Atau misalnya, aku mau pake korset aja dari pada pake stagen biar ga ribet. Aku mau stagennya jangan kekencengan biar gampang kalo mau duduk. Atau seperti aku bilang ke orang tuaku kalo Kayla bangun malam hari, gausah pada ikut begadang, aku aja yang begadang, nanti kalo siang gantian aku yang tidur, Bapak atau Ibu yang jagain Kayla. Contoh-contoh macem itulah. Kadang kita merasa perhatian keluarga ga tepat itu karena kita yang ga ngasih tau apa maunya kita. Sebenernya aku yakin setiap keluarga, apalagi suami dan orang tua tuh bakal ngesupport banget. Apalagi setelah kita melahirkan. Cuma kadang karena ketidakjujuran kita, apa yang mereka lakukan yang niatnya pengen support atau bantu kita tapi menurut kita gak pas, itu bukan karena mereka yang gak perhatian, tapi kitanya aja yang kurang terbuka. Jadi 

4. Untuk Suami, Dampingi Istrimu dan Berbagi Suka Duka
Aku ga tau ya apakah para suami tuh paham tentang kacaunya hati dan emosi wanita saat menghadapi baby blues. Secara kalo aku PMS aja kadang Abi suka ikut snewen :D. Tapi jangan biarin istri kamu sendirian dihari-hari pasca melahirkan. Dia lelah banget, butuh orang untuk bersandar. Bersedialah gantian jagain anak. Bersedialah sesekali gantiin popok saat si bayi pup atau ngompol. Bersedialah menyuapi istri saat istrimu sibuk mengASIhi. Bersedialah mengajaknya jalan-jalan meskipun cuma keliling komplek. Bersedialah berbagi pekerjaan rumah tangga. Dan sabar juga ya kalo istrimu jadi suka mrepet-mrepet ga jelas. Ingat ini hanya sementara :D ini dinamika kehidupan. Istri kamu juga lagi belajar sabar menghadapi adek bayi, suami juga belajar sabar menghadapi istri. Pas kan 1-1 :D

........

Catatan :
Apakah aku sukses mengatasi baby bluesku? Hhmmmm Hhmmm, setidaknya aku sudah melewati masa-masa itu yes, meskipun dengan sangat kacau :D. Kalian ga harus sekuat itu menghadapi baby blues. Udah nyobain saran dari orang lain kok masih aja suasana hatiku kacau? Yaudah gapapa, balik ke poin 1, terima aja dulu, sabar. Manusiawi banget kok kalo baby blues bikin kamu kacau, bikin drama. Tapi gak boleh nyerah ya :). Gak boleh kalah sama kekacauan kamu. Harus berusaha untuk sabar, tegar, dan cari cara yang pas untuk menikmati masa-masa pasca melahirkan kamu. 

Aku sampe sekarang juga masih belajar nyari cara untuk bisa menyeimbangkan diri. Menyeimbangkan diri antara memenuhi kebutuhan diriku sendiri, kebutuhan anakku yang masih balita dan masih butuh bantuan dalam melakukan aktivitas hariannya, memenuhi kebutuhan suamiku, dan juga memenuhi tanggung jawabku dirumah dan dikantor. Ada kalanya aku merasa berhasil menyeimbangkan diri. Adakalanya aku merasa sangat kacau. Adakalanya aku bisa menertawakan kekacauanku. Adakalanya aku terpancing emosi dari kekacauan yang aku buat sendiri. Tapi ga papa, itu dinamika kehidupan. Kita mungkin sudah berusaha untuk konsisten melakukan kebaikan, tapi kalo pas lagi gagal ya ga papa, bukan berarti gagal selamanya. Yang penting semangat melakukan kebaikan dan jangan menyerah.

Apalagi jika kamu tinggal bersama suami kamu, tanpa orang tua atau saudara yang lain. Kalian harus belajar berdua. Bukan cuma Istri yang mencari keseimbangan, tapi mintalah bantuan suami kamu. Mintalah bantuannya untuk menopangmu biar semakin kokoh. Dan apalagi jika kamu gak punya Asisten rumah tangga. Artinya kamu harus menyelesaikan semua pekerjaan rumah sendiri. Berbagilah dengan suami. Itu anak kalian, itu rumah kalian, jadi berbagilah suka duka bersama. Berusaha untuk tidak berlebih-lebihan membanding-bandingkan antara hidup kamu dengan orang lain. Emang cara termudah untuk evaluasi diri itu ya dengan bercermin atau dengan melihat orang lain. Tapi jangan berlebihan karena kondisi default atau modal dasar kamu sama orang lain bisa jadi emang beda. Bisa jadi temen kamu anaknya emang kalem, bisa jadi temen kamu serumah sama orang tua atau saudara, bisa jadi temen kamu punya asisten rumah tangga, jadi semua terlihat begitu mudah di mata kamu. Jadi balik lagi ke poin 1. Belajar terima aja dulu dan sabar. Kamu harus inget kalo semakin lama anakmu semakin tumbuh dewasa diapun akan semakin cerdas. Dia ga akan lama jadi bayi. Jadi nikmati waktumu, nikmati baby blues kamu. SEMANGAT !!!

0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)