Thursday, November 15, 2018

Daycare, atau Pengasuh ?

BY Maya Pratiwi IN , , , , 2 comments


Kamu pejuangan Daycare atau Pengasuh??

Pengennya sih pejuang ngurus anak sendiri ya?! Hahaha
Yuk gausah ngeluh, gausah meratap, gausah pula jadi toxic. Kita hadapi kenyataan hidup masing-masing aja *kibas kerudung*

Saya mau share tentang plus minus Daycare dan Pengasuh berdasarkan pengalaman saya ya. Anak saya udah 2 tahun 2 bulan dan selama 2 tahun ini saya udah pernah pake pengasuh dan sekarang saya beralih ke Daycare. Dan secara umum pengasuh atau daycare sebenernya punya plus minus masing-masing. ayok kita lihat plus minusnya.

Pengasuh
Anak saya pernah bareng pengasuh sejak usia 3 bulan sampe 16 bulan. Tepatnya saat saya di Magelang.

+ Gak khawatir kalo harus lembur
+ Gak khawatir kalo ada dinas luar kota, karena anak dan mbaknya bisa diajakin
+ Lebih terkontrol terutama jika kita punya aturan-aturan tertentu
+ Kesehatan lingkungan lebih terjaga (karena kalo di daycare kalo ada yang sakit ya bisa nularin ke yang lain)
+ Pengasuh bisa lebih fokus karena cuma megang anak kita aja
+ (Biasanya) Pengasuh juga bantuin beresin mainan/perlengkapan anak, dan ini sangat membantu

- Ada kemungkinan sulit menemukan pengasuh yang pas di hati
- Ada resiko mbaknya bakal lama/telat baliknya lagi kalo pulang kampung (dimana ini sungguh membuat stress)
- Ada resiko "perbuatan tidak menyenangkan" jika dirumah tidak ada pengawasan (tapi bisa diminimalisasikan dengan pasang kamera pengawas)
- Ada resiko terjadi personal problem (terutama yang pengasuhnya nginep)
- Ada kemungkinan kapabilitas pengasuh yang terbatas, hal ini membuat kita tidak bisa menuntut banyak terutama berkaitan dengan stimulasi pada anak termasuk juga kita ga bisa menyisipkan konten edukasi seperti keinginan kita. Apalagi sekarang lagi banyak kurikulum home education kan ya, jangan pulak kamu minta mbaknya ngajarin. Ya kali tiap hari kita minta pengasuh ngajarin home education ke anak kan? Ya kecuali kalo kamu ambil jasa suster dari yayasan biasanya udah terlatih yaa.

Berkaitan dengan personal problem, ini cukup pelik sih menurut saya. Karena ya pengasuh juga manusia yang punya kepribadian masing-masing ya. Apalagi bagi yang pengasuhnya nginep ya dimana kita tiap hari berhadapan dengan dia. Contoh yang biasa terjadi adalah kebiasaan main HP. Beberapa orang tua pasti bete ya kalo pengasuhnya main HP mulu saat lagi jagain anak. Betul? Padahal belum tentu kalo kamu sebagai ortu yang jagain bakal gak main HP. Hahahha. Ya kalo pengasuhnya kaum milenial ya pasti bakal main HP sih, saya juga kadang main HP kalo lagi sama Kayla. Yang harus dikontrol itukan frekuensi main HPnya ya. Keseringan apa masih wajar? Jadi, perihal main HP aja bisa menjadi sumber percekcokkan antara Ibu dengan pengasuh. Contoh lain yang lebih kompleks dan bisa menimbulkan konflik adalah tentang interaksi pengasuh dengan tetangga. Ada resiko si pengasuh akan menceritakan kehidupan rumah kita pada tetangga. Ya kalo yang diceriatain baik, kalo yang buruk? Ini nyata ya gaes, saya gak ngarang. Saya pernah mengalami dan pernah juga jadi bahan curhatan pengasuh tetangga. Duuuh ini bakal rame sih kalo udah bawa tetangga. LOL

Dan yang pasti bakal drama dong ya. Ketika di satu sisi pengasuhnya melakukan sesuatu yang kamu ga suka tapi disisi lain kamu butuh dia untuk ngasuh si kecil. Di satu sisi butuh tapi di sisi lain merasa "aku ga suka dia tapi anakku kok dititipin ke dia sih".

Dan mengenai kapabilitas pengasuh disini misalnya sesimpel ngajakin nyanyi. Ngajakin nyanyi tuh gak gampang lho. Pengasuh Kayla yang pertama ga bisa nyanyi, jadi si ibu hanya bergumam gumam. Yaudah kan saya bisa apa? Masa ngelesin si ibu nyanyi dulu. Kan enggak ya. Tapi pengasuh Kayla yang kedua dia bisa interaktif banget, ngajakin nyanyi, ngajakin becanda, ngajakin ngobrol juga. Contoh lain adalah ketelatenan pengasuh. Ngasih makan anak bayi kan harus sabar yaa. Meskipun kayaknya udah ga mau makan sebenernya kalo telaten si anak masih mau makan lho. Itu contoh simpelnya. Jadi yaaa kamu ga bisa menuntut pengasuhmu seperti yang kamu pengen, berani bayar berapa gitu? Atau berani jamin dia betah gitu? *tersenyum sinis*

Tapi ya itu deh, asiknya kalo harus kerja ke luar kota gausah bingung karena mbaknya bisa diajakin juga. Meskipun rada rempong harus bawa ini itu tapi tetep tenang gitu. Cuma kalo menurut saya, karena rumah saya imut-imut ya, jadi agak gimana gitu kalo ada pengasuh. Semacam perasaan kagok yang terpendam. Jadi ga bebas mau ngapa-ngapain gitu. Karena ya rumahnya cuma sepetak ya, pas saya mau kruntelan sama Abi di ruang TV kan ga enak ya ada mbaknya. Selain itu juga biasanya pengasuh itu akan bantu-bantu beresin perlengkapan si kecil. Misalnya bantu beresin mainan, bantu nyiapin perlengkapan anak kalo mau pergi-pergi, nyuci dan nyetrika pakaian si kecil, atau sukur-sukur pakaian orang serumah juga ya, wkwkwkwk. Dan ini kerasa banget lho di saya. Pas Kayla di Daycare rasanya ya semua harus dikerjain sendiri gitu. Jadi kalo kamu ga kuat harus beberes dan lain-lain ya pake pengasuh aja lah

Daycare
Kayla sekarang di Daycare. Pertama karena di Bandung pilihan daycare tuh banyak banget. Jadi bisa pilih sesuai kebutuhan. Bisa pilih mau di lokasi yang mana. Bisa milih pengen daycare dengan fasilitas kayak gimana. Kedua karena saya belum kenal orang sini jadi kalo pake pangasuh rada was-was juga ya

+ Bisa pilih sesuai kebutuhan (baik dari segi biaya, program, ataupun lokasi)
+ Lebih profesional
+ Memiliki program edukatif yang mendukung tumbuh kembang anak (misalnya berdoa, menggambar, bernyanyi, membaca buku, melukis, membuat kerjainan tangan, permainan yang mengasah sensori, dll)
+ (Biasanya) bekerja sama dengan dokter umum, dokter gigi, dan psikolog sebagai salah satu fasilitas daycare
+ Kapabilitas tenaga asuh yang baik dan bisa dikontrol (karena daycare biasanya punya kepala sekolah atau yayasan, mungkin profit oriented juga kali ya jadi pasti mereka menjaga kualitas atau minimal kita bisa komplain lah lah kalo tenaga asuhnya kurang mumpuni)
+ (Biasanya) Hari libur daycare menyesuaikan hari libur pemerintah (artinya kita ga punya ancaman anak kita ga ada yang jagain) - tapi ini juga tergantung Daycarenya karena daycare Kayla yang pertama suka tiba-tiba mencetuskan hari libur sendiri
+ (Biasanya) Daycare punya aturan yang tentang kedisiplinan yang baik untuk anak (misalnya ada jam tidur siang, jam makan siang, jam bermain, tidak boleh beli jajan sembarangan, dll) - ini juga tergantung Daycare karena ada juga Daycare yang ngebolehin anak jajan di luar
+ (Biasanya) Daycare memiliki catatan harian anak sehingga kita bisa pantau perkembangan anak

- Anak rentan tertular sakit
- Ada biaya overtime kalo telat jemput
- Pengasuh ga bisa diajak keluar kota
- Anak harus mengikuti aturan daycare (misalnya ga boleh bawa mainan sendiri atau beberapa daycare mewajibkan anak harus sudah mandi pagi sebelum dateng ke daycare kecuali bersedia membayar biaya charge lagi)
- (Biasanya) harganya lebih mahal dari jasa pengasuh
- Setiap hari anak harus menempuh perjalanan ke daycare

Sebenernya poin utama kenapa pilih Daycare tuh bukan program belajarnya ya. Karena anak saya juga masih terlalu kecil untuk belajar-belajar kayak disekolah gitu. Yang saya suka dari Dayacare justru karena Kayla bisa main sepuasnya disana. Dan saya ga khawatir dengan aktivitas di Daycare. Di Daycare banyak mainan yang mungkin Kayla dirumah juga ga punya. Banyak temen yang mungkin dikomplek juga cuma beberapa. Bisa baca buku yang mungkin dirumah juga ga ada. Please jangan diterusin dengan bilang "tapi di daycare Kayla mungkin ga dapet kasih sayang seperti kalo dirumah"!! Ya kalo dirumah Kayla juga sama pengasuh ya sama aja kan. Mending di Daycare banyak temennya. Jadi yaudah biarin aja main sepuasnya. Saya ga perlu cemas Kayla diajak main apa dirumah, saya ga perlu cemas Kayla bosan apa enggak dirumah. Karena kalo di Daycare ya semua permainan ada di area Daycare kan jadi ya pasti disitu-situ aja kan mainnya, ga khawatir lagi.

Ditambah lagi kebanyakan Daycare sekarang tuh punya buku harian anak ya. Jadi dibuku akan di catat hari itu mereka kegiatannya apa, Kayla makan apa dan habis atau enggak, BAB berapa kali dan jam berapa aja, minum susu berapa kali, dan lain-lain. Dan yang saya rasain sih Kayla jadi punya pola gitu, jadi lebih disiplin. Udah ketauan kapan Kayla biasanya BAB, jam berapa Kayla akan lapar, jam berapa jam bobok Kayla, dst.

Tapi ya dibalik keunggulan Daycare dimata saya, ada juga gak enaknya. Paling rempong sih ya kalo pas lagi keluar kota. Kayla dan Abi harus saya bawa banget. Saking ya ga mungkin kan ninggalin Kayla berdua doang dirumah sama Abi. Ga mungkin juga bawa Kayla keluar kota cuma berdua sama saya. Akhirnya ya selalu galau-galau kalo mau keluar kota. Dan ini yang belum ada solusinya. Hahaha

Jadi daycare atau pengasuh nih?
Kayak nyari jodoh sih, pilih yang kekurangannya bisa kamu terima.
Eaa eaaaa
Baca juga : Yang Perlu ditanyain Saat Nyari Daycare 
Haha tapi seriusan yaa. Ada banyak faktor yang pasti bakal jadi bahan pertimbangan kamu. Selain pendapat orang, seperti yang kamu baca sekarang, juga pengalaman yang pernah dirasakan. Kayak saya, dulu pernah pake pengasuh. Dan udah ngerasain gimana sih kalo anak ditinggal sama pengasuh, tapi saya merasa ada yang gak sesuai dengan prinsip saya makanya sekarang saya beralih ke Daycare. Tapi bagi orang lain yang ga punya masalah sama pengasuh ya pasti juga ga pengen beralih ke Daycare kan. Selain itu juga tipe kerjaan kamu gimana. Kalo emang sering ke luar kota ya emang mending pake pengasuh. Beberapa ibu-ibu yang merasa insecure kalo anaknya sama pengasuh bisa jadi akan milih ke Daycare.

Karena sekarang dirumah bener-bener ga ada saudara aja jadi saya belum mau pake pengasuh dulu. Meskipun kalo ada tugas ke luar kota harus panas dingin dulu. Tapi nanti kalo insyallah punya anak ke2 saya pengennya nyari pengasuh aja sih sebenernya, karena berharap Kayla bisa ikut jagain adeknya juga dirumah. Hahahaha. Atau semoga pas punya anak ke2 saya udah jadi pengusaha sukses dan bisa dirumah aja, wkwkwkkwk aaaamiiin >.<

Lagian pada dasarnya Daycare atau pengasuh itu punya plus minus masing-masing, jadi ya mending disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan kemampuan aja sih. Kalo yakin pengasuhnya baik ya lanjutkan pake pangasuh. Kalo lebih nyaman pake Daycare ya ga ada yang nyalahin kok. Yang penting itu gausah ngerasa paling bener. Hahaha. Karena saya suka pengen nyubit ibu-ibu yang suka ngerasa paling bener sedunia. Beda cerita ya kalo saya sering merasa paling bener dirumah ya itu urusan saya dan suami ya bund, kalo konfliknya ibu-ibu sama ibu-ibu itu kayaknya kok lebih sadis ya. LOL
Baca juga : Review Daycare Bandung Selatan
Sekian sharing dari saya. Semangat mencari jodoh ya bund :D

2 comments:

  1. Waaah terimakasih mbak pratiwi atas sharingnya, saya jadi mengerti perbedaan daycare dan pengasuh, secara saya juga masih belajar dan ingin tau lebih banyak dari pengalaman ibu ibu muda seperti mbak pratiwi.. sukses terus mbak pratiwi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 silmina, semoga bisa bermnafaat untuk masa depan dek silmi yaa :D

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)