Friday, November 30, 2018

Yang Perlu di Tanyain Saat Nyari Daycare

BY Maya Pratiwi IN , , 2 comments


Saya lagi nulis per-daycare-an nih sejak 2 blogpost lalu. Dan agak bikin saya ciut sebenernya. Apalagi tulisan-tulisan ini saya share di Instagram. Pas saya bikin vote Instagram tentang pilih Pengasuh atau Daycare, ibu ibu balesnya "Pilih ibunya sendiri" hyahahaha 😆. 
Baca juga : Daycare atau Pengasuh
Ya gimana dong saya emang masih kerja. Masih menjalani nasib saya sebagai pekerja. Tapi ya sebagai ibu saya ga akan ninggalin anak saya kerja gitu aja. Saya masih tetep mikirin, pas saya ga ada tuh baiknya Kayla sama siapa ya. Apakah sama neneknya? sama pengasuh? atau di daycare?. Dan saya percaya kok ibu yang baik pasti mikirin yang terbaik untuk anaknya. Terbaik di situasi dan kondisi saat ini. Kalo kondisinya mendukung ya emang yang terbaik dijagain sendiri sama Ibunya. Kalo kondisi ga memungkinkan kan harus cari alternatif yang terbaik. Dan salah satu cara saya dan suami untuk memastikkan bahwa Kayla ada ditempat yang baik selama kami kerja ya dengan survey-survey Daycare. Memastikan secara langsung apakah tempat dan sistemnya cocok untuk Kayla.

Berikut ini ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan saya saat nyari Daycare :

1. Lokasi
Sebelumnya, Kayla pernah di daycare yang deket sama rumah. Bagusnya adalah perjalanan ke Daycare ga terlalu jauh ya. Tapi ternyata ga cocok buat yang jarak kantor kerumah tuh cukup jauh kayak saya. Jadi jarak rumah ke kantor tuh sebenernya cuma 13Km, tapi karena Bandung macet jadi paling cepet itu 45 menit kalo naik motor. Kalo pake mobil paling cepet 1,5jam. Kalo pas pagi-pagi ya emang cukup sih 20an menit. Tapi kan saya berangkat dan pulang kerja pas yang lain juga pada berangkat dan pulang kerja ya 😁. Apalagi kalo pas lagi ada keadaan mendesak seperti harus kedokter dulu atau Kayla tiba-tiba ga enak badan, ga bisa cepet nyampe kalo Daycarenya jauh tuh. Ini juga yang menjadi bahan pertimbangan saya nyari Daycare yang lebih deket sama Kantor. Sama kantor abi sih haha. Karena kalo deket kantor saya tuh harganya udah fantastis 😂. Jadi menurut saya, cari Daycare yang deket kantor deh. Emang sih perjalanan jadi jauh ya, tapi kan sama kita orang tuanya kan. 

Awalnya emang agak repot ya karena belum terbiasa nyuapin di Mobil. Tapi sejak pake Carseat udah sangat membantu sih. Tapi ya kalo Abi harus nganterin ke Daycare sendirian atau saya harus nganter ke Daycare sendirian sih belum pernah ya 😂. Mungkin saya akan milih naik ojek aja kali ya. 

2. Jam Operasional
Kalo di Jakarta, rata-rata Daycare jam pulangnya tuh jam 6 sore. Kalo di Bandung rata-rata sampe jam 5. Nah pas dulu saya survey di Magelang itu kebanyakan jam pulang tuh jam 4 sore dan batas overtime sampe jam setengah5 😂 Hyahahaha. 

3. Overtime (Kesiapan menghadapi telat jemput)
Ini harus banget ditanyain, harus banget dikonfirmasi ulang. Karena ya namanya orang kerja pasti ada lah harus telat pulang kantor, ada juga kadang kena macet. Jadi kita harus memastikan juga bahwa Daycare siap dengan kemungkinan telat jemput. 

Ada lho Daycare yang pas saya tanya "Kalo saya telat jemput gimana?" Mereka bingung ngejelasinnya. Jawabnya cuma "Ya nanti ditungguin sampe dijemput bund". Bahkan ada yang ditanyain biaya overtime aja jawabnya ragu-ragu 😁. Atau seperti Daycare yang pernah saya survey di Magelang, mereka ga bisa banget overtime karena emang bunda-bundanya rumahnya jauh dan ada yang harus kuliah juga. 

Jadi, cari daycare yang punya jadwal piket. Jadi di hari apapun kalian telat jemput, yakin pasti ada yang piket, yakin pasti ditungguin

4. Keterlibatan Kepala Sekolah/Owner
Bisa ngobrol sama owner atau kepala sekolah bagi saya penting ya karena akan kelihatan gimana mereka ngelola Daycare. Apakah mereka cuma jadi kepala sekolah secara administratif atau bener-bener ikut mengelola Daycare. Ada daycare yang kalo ada tamu yang mau nanya-nanya tuh kudu nunggu kepala sekolah dulu, ada yang langsung dijelasin sama bunda yang lagi free disana. Sebenernya ga papa sih ya, cuma kalo bisa ngobrol langsung sama kepala sekolah/pemilik tuh kayak lebih mantep gitu (kalo saya sih ya).

5. Pengasuh yang membuat nyaman
Ini bisa pake feeling, ibu-ibu pasti bisa lah ngerasain mana orang yang enakan dan enggak ya.

6. Rumah yang bersih dan nyaman
Ini juga bisa dicek dan dilihat fisik ya. Bisa juga cek kamar mandinya dulu karena kalo kamar mandi bersih ya biasanya bersih juga yang lainnya

7. Jumlah Caregiver dan Anak-anak
Ini juga penting ya. Tapi lebih penting lagi banyak temennya aja dulu. 

8. Fasilitas
Ini juga bisa dicek, mainanya banyak apa enggak, punya buku-buku bacaan apa enggak. Ya kalo mereka aja ga punya mainan atau buku yang proper kira-kira anak-anak kegiatannya apa gitu di Daycare ? 😂

----

Nah itu tadi 8 list yang bisa dilihat secara fisik dan bisa pake feeling juga ya. Tapi ada juga pertanyaan yang harus banget ditanyain nih :

1. Hari Libur Daycare
Ada daycare yang hari liburnya itu ga sesuai hari libur Nasional 😂. Itu Daycare Kayla yang pertama. Udah kejadian 3 kali. Yang pertama pas libur awal puasa. Jadi 2 hari pertama puasa Ramadhan tahun 2018, mereka libur. Padahal aslinya kan ga ada ya libur awal puasa. Kayaknya kebanyakan kantor ga ada deh yang libur di hari pertama puasa 😂😪. Secara bulan ramadhan itu HKE (Hari Kerja Efektifnya) dikit ya, bagi perusahaan mungkin malah kalo perlu libur lebaran juga jangan lama-lama deh. Yang kedua pas libur lebaran. Libur lebaran tahun 2018 itu habis di hari rabu, kalo sesuai kalender nasional sih hari kamis jumat udah masuk kerja lagi ya. Tapi mereka libur. Untuk yang ini masih bisa ditolerir lah ya, kebanyakan orang mungkin juga ngambil cuti kan. Yang ketiga waktu itu anak-anak diliburkan karena saudara salah seorang bunda pengasuhnya meninggal dunia dan rumahnya sebelah Daycare persis. Saya bingung sih pas dikabarin. Kan bisa aja ya yang ngambil cuti tuh bunda yang sudaranya meninggal itu aja ya, bukan semua bunda jadi libur semua. Ya saya emang jadi merasa jahat juga sih, berasa ga punya empati gitu? Ada yang lagi berduka bukannya berempati malah mempertanyakan hal aneh-aneh. Ya soalnya lucu aja sih 😁. Lebih lucu lagi jam 9an pagi itu, admin sekolahnya nelpon katanya daycare ga jadi libur dan kalo mau dititipin gak papa. Uwaw ga sih ? 😂😂😂 Dan yang terakhir adalah ketika lebaran Idul adha. Dimana-mana emang cuma sehari ya? Mereka hari kedua masih libur dong. Yaudah deh saya langsung pindah Daycare aja.

Kalopun mereka punya kebijakan, ya perlu liat sikon lah. Kalo libur lebaran agak dilebihi dikit menurut saya masih wajarlah. Bukan karena itu hari raya umat Islam ya tapi karena kebanyakan orang juga biasanya ambil cuti, apalagi kalo masuk kantornya tuh mepet-mepet weekend, pasti bablas kan. Orang yang pake Dayacre rata-rata karena mereka menghindari salah satu drama ART yaitu pulang kampung. Jadi penting banget nanyain hal ini ke Daycare. 

2. Jajanan
Beberapa Daycare ngijinin anak-anak beli jajan lho. Beli jajan diluar daycare. Jadi kalo bunda-bunda khawatir anaknya jajan macem-macem, mending ditanyain dulu deh. Karena awalnya menurut saya ya ga papa juga sih pada beli jajan, asal anak saya enggak hahaha. Karena Kayla selalu saya bawain jajan dari rumah. Entah itu puding, wafer, coklat, kadang kerupuk-kerupukan, kadang jamur krispi, apapun. Tapi rupa-rupanya kalo temen-temennya pada jajan ya pastinya anak saya pengen dong ya. Sampe pernah beli bakso segala 😓.

3. Gadget Free Ga?
Saya sempet kaget, disuatu daycare saya melihat ada anak lagi mainan HP 😱. Mungkin usia 3 tahun kali ya. Jadi maksudnya gimana tuh kok boleh main HP di Daycare? Kalo hal ini sih sebenernya tergantung value masing-masing keluarga ya. Ada keluarga yang ngebolehin anaknya main HP/Tablet dengan aturan tertentu dan kebetulan saya ga setuju kalo anak main HP jadi ya harus saya tanyain.

4. Siapa yang masak makanan
Ini juga perlu diperhatikan dan ditanyakan. Mengantisipasi paparan micin terlalu dini 😂.

Itulah 4 pertanyaan wajib yang menurut saya harus banget ditanyakan dan ga bisa pake feeling atau hanya menduga-duga 😆. Dan di Bandung tuh Daycare banyak banget. Di sekitar wilayah rumah saya aja ada 3 Daycare. Lebih jauh dikit ada 3 daycare juga yang masih lumayan deket lah dari rumah. Di sekitar kantor Abi juga ada 3 daycare. Banyak sebenernya, dari yang dibawah sejuta sampe diatas tiga juta. Dari yang fasilitasnya oke sampe oke banget. Macem-macem. Dan berarti emang kita sebagai orang tua harus selektif nyari Daycare. Kok bisa sih ini daycare bisa harganya segitu? Apa sih plus minusnya? Perlu ga sih sebenernya fasilitas kayak gitu? Nyaman ga sih kalo daycarenya gini? Jadi emang harus disesuaikan dengan kemampuan dan kemauan kita.
Baca juga : Review Daycare Bandung Selatan
Oke bunda segitu sharing dari saya, semoga bermanfaat ya 😊

2 comments:

  1. Mayaaaa apakah kamu adalah Maya yg di Trisula? Yaampppuunnnnnn apakabar kamu dek? Iya nih akubtinggal di Bandung. Km di Bandung juga? Wa km suah menulis ttg daycare, aku masih maju mundur mau nulis ttg daycare wkwk blog aja ga pernah ngepos lg. Anak aku di daycare semua 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaa yaaaas hahaha, iyaaa aku maya yang di Trisula wkwkwkwk. Alhamdulilah, Luar Biasa, Allahuakbar!! Yeeees produk daycare juga ngahahahha. Mbaa cek IG ya haha

      Delete

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)