Wednesday, August 29, 2018

LDM dan aku masih bertahan bekerja (Part 2)

BY Maya Pratiwi IN , , , No comments



Kalo kamu LDM kamu pilih mana? Resign atau tetep kerja?

Saya pengennya sih resign. PENGENNYAA
Saya pernah kacau banget gegara ini. Gara-gara waktu itu saya LDM dari hamil sampe punya anak, tinggal berdua doang sama anak di Magelang dan suami di Bandung. Total LDM tuh 2,5 tahun. Waktu itu pindah Bandung pas anak saya udah umur 1,5tahun. Di Magelang saya ga punya sanak sodara sih ya. Jadi ya ngontrak aja berdua sama anak. Pernah punya Asisten Rumah Tangga, ganti 4 kali selama 1,5tahun. 2 kali ART yang nginep dan 2 ART terakhir gak nginep. Jadi ya kalo malem saya dikontrakan berdua doang sama anak. Mbaknya juga cuma nemenin anak saya kalo siang dan nyetrika doang sama bebersih dikit. Masak pagi tetep saya dong ya. Paling ngenes sih kalo lagi hujan deras atau lagi mati lampu ya. Rasanya takut dan khawatir tapi ya tahankan lah mau gimana lagi. Dan paling klimaks tuh kalo ada masalah sama rumah kontrakan. Yang atap dapurnya bocor lah sampe banjir dan tiap pagi saya harus banget ngepel lantai, yang engsel pintu dapur patahlah jadi harus pelan-pelan banget diangkat kalo gak pintunya roboh wkwkwk, atau paling tragis tuh pas lantai kamar mandi jeblos berlubang. Sumpah lah berlubang banget, tanah dan lantainya ambles gitu. HAHAHA saya sampe bawa anak ngungsi tidur di hotel karena kejadiannya sore hari dan ga paham kudu gimana. Untungnya tetangga baik mau bantu nyemen lantai kamar mandi. Yaa gitulah kadang kalo lagi gak kuat paling nangis berdua sama Kayla.

Itu secuplik kisah aja kok. Saya percaya semua kisah LDM selalu bikin drama, meskipun akhirnya pasti akan menjadi cerita. Bahkan yang LDMnya cuma ditinggal luar kota seminggu juga tetep aja drama ya. Drama berlebihan. Haha

Dan rasanya adil gak adil sih ya waktu itu. Kadang ada ucapan yang bikin saya sedih dari orang-orang sekitar. Kayaknya sih mungkin sayanya doang yang baper ya, tapi sungguh bikin amburadul. "kok ga pindah aja ke Bandung?" atau "Kok ga cari kerja aja di Bandung?", "Kasian dong anaknya dirumah sendirian?", atau kalo pas saya lagi curhat tentang kehidupan rumah tangga dan LDM tapi dijawab "Yaa itu resikonya kalo ibu kerja sih ya", dan lain-lain. Yaaa mungkin kalo kalimat itu dibaca sekarang sama kalian rasanya biasa aja ya, tapi bagi saya waktu itu atau mungkin bagi ibu-ibu lain yang LDM tuh bikin kacau banget. Jadi yaa antara kamunya yang kudu jaga omongan sama saya yang kudu anti baper sih. 

Kok bisa sih setahan itu LDM sama suami? Demi apa sih?
Rada pelik sih emang haha. Yang paling pasti adalah bahwa saat itu saya sedang menjalani sebagian dari takdir saya. Itu yang paling pasti. Ya kalo ditanya pengen ya pengennya bisa bareng suami dari sejak hari pertama nikah. Pengennya sih ya enggak kerja atau kerja dirumah dan bisa fokus bersama anak dan ngurusin keluarga. Siapa sih yang ga pengen enak? Cuma kalo takdir saya ga langsung kayak gitu saya bisa apa? Kamu bisa apa selain doain? Menjulidin atau menghakimi ibu-ibu LDM tuh ga serta merta bisa mengubah takdir kan? Yang ada kamu telah berperan dalam menghancurkan hati mereka. 

Kita gak tau ya kebutuhan tiap keluarga kan beda-beda. Sebagian orang emang merasa bahwa bekerja adalah sebuah panggilan, panggilan untuk bisa berkontribusi untuk masyarakat sesuai dengan bakat atau potensi orang tersebut. Sebagian orang merasa bekerja adalah sebuah pilihan, yang mana mereka bisa aja gak kerja tapi ya tetep milih kerja karena mungkin mengisi waktu karena anaknya udah besar. Dan sebagian merasa bahwa bekerja adalah kebutuhan, seringnya emang terkait kebutuhan finansial. Mungkin memang bekerja adalah cara mereka untuk menyambung hidup, mungkin karena ada keluarga yang masih harus dinafkahi seperti saudara atau orang tua atau gak menutup kemungkinan karena emang mereka sedang berikhtiar seperti melunasi hutang atau memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan. Atau ada juga yang beralasan karena keluarga yang gak ngijinin resign atau balik lagi karena merasa bekerja adalah sebuah panggilan dan dia merasa punya kompetensi yang baik untuk memajukan perusahaan tempat dia bekerja, punya kemampuan untuk bermanfaat untuk orang lain. Banyak lah alasan kenapa seorang ibu memutuskan untuk tetap bekerja. Jadi kadang ga melulu soal uang atau karir. 
Baca juga LDM dan aku masih bertahan bekerja
Kadang gak segampang itu lho resign dari kerja. Sama lah kasusnya dengan pertanyaan "Kenapa belum lulus?" atau "Kenapa belum nikah?". Bagi mereka yang lulusnya cepet atau bisa nikah cepet ya kayak gampang aja gitu. Lulus cepet, tinggal rajin-rajin ngerjain tugas, belajar kalo mau ujian, lulus presentasi proposal, ngerjain Tugas Akhir (TA/Skripsi) meskipun rada berdarah-darah pasti bisa lah, beres kan?. Segampang itu bagi sebagian orang itu karena rejeki mereka dimudahkan untuk melewati semua itu. Tapi bagi yang lain? Apa segampang itu? Ada yang karena punya project di lab jadi kuliahnya geser. Ada yang kuliah sambil kerja jadi kurang fokus, ada yang udah tinggal ngerjain TA tapi dosennya susah, ada yang menikah dan cuti melahirkan dulu, ada yang sempet kehilangan arah dan baru sadar 1 tahun kemudian. Macem-macem lah. Ya kalo nasehat bijak mah selalu mengeneralisir semuanya, melihat semua keadaan itu variabelnya terkontrol semua dan cuma 2 yang harus diperbaiki yaitu niat dan usaha. Padahal hidup selalu ada banyak faktor X yang ga bisa kita kontrol. Gak segampang itu guys. Termasuk gak segampang itu buat saya waktu itu resign dan nyusul suami ke Bandung. Gak segampang itu bagi orang tua yang bekerja dan LDM untuk resign dari kerja lalu berkumpul jadi satu. Dan balik lagi, siapa tau emang takdir mereka harus melewati jalan yang berliku-liku dulu. Karena ujian masing-masing orang beda-beda.

Tapi sekarang saya Alhamdulilah udah di Bandung. Tapi belum resign juga sih haha. Kenapa lagi? Keenakan kerja kayaknya hahaha. Yaa nabung dululah mau beli rumah. Pengen nyekolahin Kayla ke sekolah yang bagus juga. Yaitu sekolah yang masuknya jam 8 pagi dan ga ada PR, wkwkwkwk.

Jadi intinya, menurut saya ga papa sih udah punya anak tetep kerja atau bahkan LDM. Apalagi di awal-awal pernikahan ya. Itu masa-masa "sulit", masa-masa perjuangan untuk menata masa depan. Gausah buru-buru dalam mengambil keputusan untuk resign karena kita ga tau ya kedepannya akan gimana. Yakin deh pasti ada hikmah dari setiap peristiwa. Saya pernah nulis disini tentang pertimbangan perlu resign atau enggak. Lagian ya jangan dipikir orang-orang yang LDM itu baik-baik aja sih. Saya dulu juga gak baik-baik aja ya. Menghadapi kenyataan kalo saya LDM dan cuma tinggal berdua sama anak di kota yang asing dan saya bekerja dan saya mengalami banyak tekanan dari orang-orang disekitar. Kacau, sedih, gundah gulana, itu kayak tiap hari dirasain. Tapi emang jalan saya tuh harus kayak gini dulu. Jadi ya harus menguatkan hati biar ga gampang baper sama apa kata orang. Mungkin ini ya penyebab ibu-ibu tuh biasanya masa bodo dan muka tembok. Termasuk kalo lagi dijalanan bawa mobil atau bawa motor, "BODO AMAT lah, klaksonin terus ya terserah yang penting aku selamat". Atau kalo lagi nawar belanjaan "YAA SUKA SUKA dong mau nawar berapa. Setuju ya tinggal ngasih, kalo enggak setuju gausah sewot lah. Dikira uang aku cuma buat belanja ginian doang? Masih banyak yang perlu dibayar keles!". Wkwkwk
Baca juga : Berdamai dengan kekhawatiran 
Baca juga : Hipwee 
Yang penting kan manfaat dari pekerjaan itu toh juga buat keluarga kan, buat anak juga. Dan yang lebih penting lagi saat kita bekerja adalah memastikan kalo anak tuh ditempat yang baik saat kita tinggalin. Baik itu ditempat nenek misalnya atau saudara yang pasti terjamin, atau kalo pake nanny juga dipastikan nanny nya baik dan bertangggung jawab, atau kalo seperti anak saya di daycare, saya pastikan daycarenya aman dan nyaman. FYI sekarang Kayla udah pindah ke daycare baru yang deket kantor Abi, kapan-kapan saya share ya. Dan tetep berusaha gak lepas tanggung jawab sama tumbuh kembang dan pendidikan anak. Jangan pulak udah keenakan anaknya di tempat nenek/sama nanny/di daycare trus kitanya jadi nyerahin semua sama mereka. 

Yuuk ah jangan ada julid diantara kita. Semua orang ga seberuntung kamu. Semua orang punya jalan hidup masing-masing. Semua orang punya ujian yang beda-beda. Jadi jangan mudah untuk menghakimi orang lain karena tau apa sih kalian sama hidup orang lain?


0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)