Tuesday, October 24, 2017

Kita Cuma Beda Komptensi kok :D

BY Maya Pratiwi IN , , , , , , , , , , No comments

Seperti kebiasanku dan Abi setiap malam, telponan. Tadi malam topik obrolan kami lumayan berat, tentang jurusan perkuliahan yang akan diambil abi. Hahaha itu sudah termasuk topik berat dan serius ya, karena biasanya kami hanya ngobrolin tetangga, temen kantor, tingkah-tingkah kayla yang lucu atau sekadar gak jelas menirukan ocehan kayla.


Topik semalem ngingetin aku saat masa-masa kuliah. Aku mahasiswi Teknik, fakultasnya sih elektro tapi prodi telekomunikasi. Dan di kala itu, booming banget issu tentang mahasiswa IPK 4 yang abal-abal. Buanyaaak sekali bermunculan opini dan tulisan tentang bagaimana seharusnya mahasiswa yang ideal, yang bukan kupu-kupu (kuliah pulang - kuliah pulang), yang bisa seimbang antara hardskill dan softskill. Sebenarnya bagus sih tapi dalam perkembangannya, muncul kelompok mahasiswa yang beropini negatif sama mahasiswa yang IPKnya tinggi, yaa mahasiswa cumlaude abal-abal itu. Sayangnya sekaligus beruntungnya, IPKku termasuk bagus. Dan aku risih dengan opini yang berkembang di kampus. Merasa terdiskriminasi hahaha.

Sebutlah aku salah jurusan, atau sebutlah aku gak cocok jadi anak teknik atau sebutlah passionku bukan di bidang teknik. Tapi i was doing good at class, jadinya nilaiku gak jelek-jelek amat. Aku ngerasa gak bodoh bodoh banget sih meskipun dalam penerapan ilmuku juga gak gitu ngerti banget wkwkwkwk :D. Tapi justru karena sesungguhnya kemampuanku rata-rata dan karena aku tetep butuh tiket dong buat dapet kerjaan yang bagus, makanya aku belajar dengan baik. Yaa realistis aja sih tujuan aku kuliah kan biar cari kerjanya lebih gampang kan. Nah karena aku rata-rata, tiket masuk biar lolos ke rekruitasi perusahaan bagus ya pasti dari nilai. At least aku lolos dulu lah dari sisi administrasi, entar pas wawancara ternyata user tekniknya ga cocok, minimal masih bisa ditampung lah sama user non teknik :D. Ya kalo dari sisi ilmu aku rata-rata, dari sisi nilai aku juga ga bagus-bagus amat, masa depanku suram dong yaa. Mana sense bisnisku belum terasah banget, mau jadi pengusaha juga ngeri kan :D. Nah untungnya, meskipun aku bukan ahli dibidangku, tapi aku cukup rajin lah. Aku bisa baca bisnis proses dan melakukannya dengan cukup baik, kemampuan koordinasi, negosiasi, problem solving juga ga buruk-buruk banget, jadi cukup baik untuk masuk nominasi karyawan teladan >.<

Dan saat ini aku bekerja disebuah perusahaan telekomunikasi. Aku bekerja dengan banyak orang dari latar belakang ilmu yang berbeda-beda. Kebanyakan emang orang teknik, tapi dalam perjalanannya, keahlian yang lebih terasah dari masing-masing orang teknik itu beda-beda. Ada orang teknik yang memang terasah betul ilmu tekniknya sehingga mereka masuk ke unit teknis. Sebagian orang teknik lainnya terasah sisi managerialnya sehingga mereka bisa keluar masuk unit manapun. Termasuk aku yang sekarang sedang di marketing. Itulah kenapa perusahaanku mengakomodasi dual career track. Expertise dan Managerial. Jadi nanti akan ditemukan GM (Managerial) setara dengan Principal Expert (Expertise).

Jadi pada intinya adalah bahwa setiap orang tuh punya kompetensi masing-masing yang kita ga bisa maksa untuk dibanding-bandingkan. Mungkin kompetensiku bukan sebagai expert di bidang ilmuku tapi sebagai staff managerial. Perusahaan ga akan maju kalo isinya expert semua, pun begitu kalo isinya staff managerial semua. Terlalu dangkal dan jahat menurutku mengembangkan issu sensitif terkait IPK :P . Gak semua yang IPK Cumlaude tuh abal-abal, ada juga yang emang bagus, pun sebagian mungkin betul abal-abal. Dan gak semua yang IPK kecil tuh gak cerdas, yang passionnya tinggi malah bisa jadi ahli. Tinggal liat aja goal dia apasih pas kuliah. Kalo dia bilang tentang passion, bisa jadi dia terlalu fokus dengan penelitiannya sehingga kuliahnya terbengkelai. Kalo goal dia karir dan pekerjaan, pasti dia akan berusaha mencetak cumlaude. Dan ga ada yang salah dari keduanya, hanya beda jalan suksesnya aja sih :). So, stop judging and underestimate others yaa :) :)


0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)