Setelah memutuskan untuk ambil les setir mobil di LP3 Interbank Magelang, aku langsung ambil paket 8 kali pertemuan seharga 700rban (harga pastinya lupa) dibayar dimuka. Sesuai arahan mbak Lili, adminnya, untuk pertemuan pertama dan kedua sebaiknya ambil masing-masing 1 jam dulu biar gak capek. Dan saat pertama daftar aku langsung diminta booking jadwal les, jadi ngisi jadwal les hari apa dan jam berapa sesuai jadwal kosong instrukturnya. Di saat pendaftaran itu juga bisa milih pengennya les sama siapa. Di Interbank ada 3 jenis mobil, Jazz (khusus matic), Ayla dan Brio untuk yang manual. Karena jadwal Brio udah penuh, saya pilih Ayla dengan instrukturnya pak Prono.
Hari Pertama (1 jam)
Hari Pertama berangkat ke tempat les udah deg-degan parah >.< . Rasanya pengen ga jadi aja tapi terlanjur bayar lunas. Huaaah setelah minta doa dan restu dari suami, akhirnya aku berangkat ke tempat les. Kata Pak Prono, biasanya latihannya di jalan disekitar SMA 5 Magelang, tapi karena lokasi sedang digunakan akhirnya belajarnya di depan GOR.
Hari pertama pengenalan mobil dulu, pengenalan dashboard mobil, lampu-lampu, kapan pake hazard, apa artinya lampu kota, dim, fungsi wiper, lengkap. Setelah itu belajar maju dan belok. Nah intinya kalo di mobil manual sih tiap masukin gigi harus kopling penuh, mau ngerem juga kopling penuh dulu. Kalo kata Pak Prono, enak atau enggaknya kita bawa mobil itu kuncinya di kopling. Kalo bisa ngendaliin kopling, pasti bawa mobilnya bisa mulus. Dan aku baru tau kalo udah masuk gigi satu, saat nglepas kopling itu mobil bisa bergerak maju tanpa nginjak gas hehehe.
Ternyata gampang ya haha. Tanpa terasa satu jam telah berlalu, aku sudah berhasil mengendarai mobil \(>.<)/
Hari Kedua (1 jam)
Hari Kedua, aku dibawa ke sekitar SMA 5 Magelang. Di hari kedua ini mengulang materi sebelumnya, jalan lurus dan belok arah. Materi Tambahannya adalah oper kopling dari gigi 1 ke gigi 2 dan dari gigi 2 ke gigi 1. Hari kedua ini juga diajarin belok arah di Jalur yang bersekat (U Turn) dan di jalan lebar. Kali ini aku masih bisa ngikutin juga :D. Menjelang akhir sesi, diajarin memulai menjalankan mobil di tanjakan kecil. Sebenernya bukan tanjakan banget sih, kasat mata kayak datar tapi ternyata mobil bisa bergerak mundur kalo ga di handrem. Nah ini lumayan ada tekniknya nih.
Ada 2 untuk menaklukan tanjakan kecil, pake rem kaki atau pake rem tangan (handrem). Intinya sama sih, rem dulu (bisa rem tangan atau bisa juga rem kaki), kopling penuh, masuk gigi 1, angkat kopling tapi jangan dilepas, tahan kopling (istilahnya setengah kopling) sampe mobil bergetar, saat terasa getaran mobil baru deh lepas rem. Selama latihan lancar semua sih Alhamdulillah. Namun entah apa yang terjadi pas test drive bareng keluarga, mesinnya mati mati terus, kan malu :(. Tapi pengaruh banget sih menurutku, pas bareng instruktur rasanya nyaman gitu, giliran bareng keluarga ada aja yang komentar teruus >.< jadinya grogi banget
Hari Ketiga (1 jam)
Hari ketiga ini kalo kata pak Prono sih mengingat lupa :D, ngulang lagi pelajaran sebelumnya dan ditambah tantangannya adalah manuver pake gigi 2. Hehehe hampir aja terjadi tragedi, karena pake gigi 2 dengan kecepatan yang gak lambat, putar arahnya harus dilakukan dengan cepat, tapi aku belum dapet feelnya, jadilah mobilnya ga belok arah tapi belok doang. Untung ada tuas cadangan jadi Pak Prono langsung sigap nginjek rem :p. Tapi ya ga papa sih, bagian dari belajar lah ya hehe.
Nah serunya lagi belajar bareng pak Prono, dihari ketiga ini aku belajar bawa mobil biar jalan mundur. Munduuur terus berliku-liku menyusuri trotoar. Maju lagi, mundur lagi. Ini penting banget sih menurutku karena kita ngendaliin pantat mobil kan. Kalo setir kekiri yang akan belok kiri pantat mobil, begitu juga kalo setir kekanan.
Trus diakhir sesi mulailah materi paling sulit nih, memulai mobil ditanjakan tinggi. Maksudnya tanjakan tinggi tuh tanjakan yang agak curam, yang pasti banget mobil bakal ngeloyor mundur kalo gak di rem. Duuuh parah deg-degannya. sebenernya kalo tekniknya sih sama kayak tanjakan kecil tapi kalo ditanjakan tinggi harus pake handrem. Jadi kaki kiri injak kopling, kaki kanan injak gas. Injam gas stabil, besarnya gas yang kita injak bisa diliat di RPM meter atau disebut juga tachometer, kmaren sih pak Prono bilang, injak sampe RMP Meter stabil di angka 3. Injak gas stabil sambil pelan-pelan lepas kopling. Saat mobil mulai bergetar, lepas handrem. Meskipun super grogi tapi Alhamdulillah bisa juga. Tapi ya gituu udah injak gas tapi masih grogi pas nglepas kopling wkwkwk
Daaan lagi lagi pas dirumah belajar mobil lagi sama abang dan suami, gagal maning >.< mesinnya mati terus. Aku sampe heran ini faktor aku yang grogi, aku yang ga bisa, atau mobilnya sih? huuhuu. Tapi lagi-lagi harus menyadari bahwa belajar emang gitu ya salah salah dikit ya wajar kali yaa.
Mengakhiri pertemuan hari ketiga, pak Prono minta aku untuk bawa mobil dari tempat latihan di SMA 5 sampe ke lokasi les di Jl. A. Yani. Uhuuuy pengalaman pertama banget bawa mobil di jalur ramai, dan Alhamdulilah lancar semua sih ehehehe
Hari Keempat (1 jam)
Di hari keempat ini materinya tinggal satu yaitu belajar parkir. Lumayan susah sih karena harus liat pantat belakang yang nun jauh disana hahaha. Tapi yasudahlah seiring berjalannya waktu pasti mahir juga kan yaa :'). Karena materi sudah selesai, akhirnya jadwal pertemuan ke-4 ini adalah muterin Kota Magelang. Dari Gor, lewat Untidar, Jl. A. Yani, Pecinan, Giant, Jl. Tentara Pelajar, Alun-alun trus selesai deh sampe lokasi les lagi. Fiuuuh bahagianya hatikuu hihihihi
Hari Kelima (2 jam)
Naah dihari kelima ini udah mulai deh diajak touring hehehe. Sesuai requestku, pak Prono ngajakin lewat Bandongan yang jalan naik turun gitu hihi. Dan karena requestku juga, aku boleh ngajakin suami. Suami duduk dibelakang. Niatku sih mau pamer emang wkwkwkwk. Mau membuktikan progress belajar nyetirku :p
Aku bawa mobilnya masih takut-takut jadi lebih sering terlalu kekiri sampe beberapa kali mau nyenggol papan nama gitu hehehe. Pernah sekali di jalan tanjakan kecil pas lagi macet, mesin mati pas mau jalan lagi, tapi langsung teratasi. Yang paling seru waktu nglewatin pasar, dipasar kan ramai banget, jalannya penuh sesak jadinya bawa mobilnya harus super hati-hati, salah-salah nyenggol pantat ibu-ibu kan bisa panjang urusannya :(. Tapi secara umum sih perjalanannya Alhamdulillah lancar. Makin pede deh akika :D
Perjalanannya lumayan jauh sih, dari lokasi les langsung ke arah bandongan sampe kali angkrik. Terus di pertigaan yang kalo ke kanan ke wonosobo, kami ambil yang lurus ke arah purworejo. Ya sudah menyusuri jalanan berkelak kelok naik turun tapi masih relatif sepi sih. Masuk jalan ramai ya pas sampe di Jl. Magelang Purworejo. Itu juga aku tetap jalan pelan-pelan hehe. Sampe akhirnya sampai ke tempat les lagi ngabisin waktu sekitar 2 jam :p lama juga yaa
Hari Keenam (2 jam)
Di hari keenam ini alias hari terakhir, karena bertepatan dengan hari Karnaval di Magelang jadinya pak Prono ngajakin ke jalur sepi. Karena aku juga orang perantauan di Magelang, aku ga hapal sih nama daerahnya, tapi yang jelas ke daerah yang cantiiik banget pemandangannya :D. Pokoknya kearah grabag sana deh.
Yah begitulah teman-teman, menurutku lesku ini sangat mengesankan. Beruntungnya aku karena dapet instruktur yang super baik, enak diajak ngobrol, sabar, dan bisa membangun suasana yang nyaman :D
Tapi kalo nyetir sebenernya yang paling penting sering latihan sih ya. Jam terbang harus tinggi. Kalo modal les doang sih emang belum mahir banget, tetep harus latihan secara konsisten kan :D. Dan Alhamdulilah aku dan keluarga kecilku insyallah berjodoh dengan Ayla mungil yang bernomor polisi cantik. Hahaha iya, padahal gak booking nomor tapi dapet nopol yang berarti banget bagiku dan abi :p
Sekian ceritaku. Lanjut ke Latihan Nyetir - Part 3 yaa :)
LP3 Interbank
Jl. A. Yani No. 679 Potrobangasan
Magelang Utara
Kota Magelang
0293 362299
Latihan Nyetir - Part 1
LP3 Interbank
Jl. A. Yani No. 679 Potrobangasan
Magelang Utara
Kota Magelang
0293 362299
Latihan Nyetir - Part 1
boleh saya share Kak ? untuk testimoni Lembaga saja
ReplyDeleteBoleh monggo pak :)
Delete