Friday, August 23, 2019

Belajar Mengelola Keuangan itu Penting

BY Maya Pratiwi IN , , No comments

Faktanya adalah menikah tidak semudah kamu aja yang kerja, aku ngelola rumah.
Tidak semudah itu.

Saya lagi ga ngomongin antara keputusan bekerja dan tidak bekerja bagi seorang istri ya. Saya pengen bilang kalo ngelola keuangan rumah tangga itu sangat rumit.

Kalo saya boleh menyesal, saya menyesali kenapa saya tidak memikirkan kehidupan saya hari ini 5 tahun yang lalu. Padahal banyak hal yang bisa saya lakukan selama 5 tahun.

Sayangnya menyesal pun tidak akan mengubah keadaan.

Enggak sih, saya lagi ga kenapa-napa. Alhamdulillah belum punya utang. Alhamdulillah masih bisa makan. Cuma saya sedih ketika saya sadar bahwa sekarang saya benar-benar kehilangan arah untuk memulai mengelola keuangan rumah tangga. Karena ya pasti semua manusia pengen upgrade sesuatu dikehidupannya. Entah yang tadinya punya sepeda pengen punya motor. Atau yang tadinya punya motor pengen punya mobil. Atau yang tadinya ngontrak pengen beli rumah sendiri. Atau yang tadinya pake baju seadanya trus pengen punya baju macem-macem. Atau yang tadinya cuma pake lipgloss trus sekarang pengen nyobain make up lain. Atau yang tadinya S1 pengen lanjut S2.

Sebenernya ini bukan mentah-mentah soal uang ya. Karena seberapa besarpun gaji kamu kalo kamu ga bisa ngelola ya bakal habis juga. Habis untuk hal-hal konsumtif dan kurang bermanfaat. Jadi poin utamanya adalah "cara kamu ngelola". Dan lebih jauh lagi mungkin ini juga tentang prioritas hidup. Apakah saya ingin beli mobil dulu atau beli rumah dulu? Apakah saya beli rumah dulu atau kuliah dulu? dan macem-macemnya.

Kalo ga punya prioritas, bukan ga mungkin kita akan ngabisin uang untuk barang-barang yang lagi kepikir aja gitu. Oh saya lagi butuh upgrade HP nih, beli dulu deh nabungnya entar lagi mumpung ada uangnya (padahal awalnya pengen nabung buat beli motor).

Kalo boleh ngasih saran sih buat yang masih OTW ke pelaminan, mulailah belajar untuk mengelola keuangan rumah tangga, minimal keuangan pribadi dulu deh. Mungkin emang banyak yang harus dipelajari ya, belajar jadi istri/suami yang baik, belajar parenting juga, tapi please belajar juga tentang ngelola uang. Yakin deh cepat atau lambat kamu akan sadar pentingnya ngelola keuangan dari awal banget. Dan ga mau terlambat kan?

Saya belum menemukan ritme yang cocok dalam pengelolaan keuangan saya saat ini. Selama ini ya masih gitu-gitu aja seperti bikin pos-pos keuangan, itupun belum disiplin. Masih harus belajar lagi. Harus disiplin lagi. Semoga nanti banyak cerita yang bisa aku sampaikan ke anak-anak.





0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)