Thursday, May 24, 2018

Persiapan Ramadhan

BY Maya Pratiwi IN , No comments

Alhamdulilah, tahun ini adalah tahun pertama aku bisa puasa bareng abi dan Kayla. Meskipun udah nikah hampir 3 tahun, tapi baru pertama mau puasa bareng, wkwkwk. Tahun pertama nikah, aku puasa di Magelang dan lagi hamil Kayla. Puasa Tahun kedua masih di Magelang juga dan Kayla masih bayi banget. Alhamdulilah sekarang udah puasa bertiga. 

Agak deg-degan juga sih. Bertahun-tahun tinggal bareng orang tua, tiap sahur taunya gitu bangun langsung makan, wkwkwkk. Bertahun-tahun juga jadi anak kosan, makan sahur biasanya udah dibeli dari sore, paling diangetin doang pas sahurnya. Dan pas di Magelang aku masih punya asisten rumah tangga juga, sama aja sih bangun-bangun tinggal makan. Tapi tahun ini beda karena aku harus nyiapin sahur dulu :D

Uhuuuy..
Karena aku yakin kehidupan sahurku pasti diwarnai dengan bangunnya kayla dari tidur, maka aku harus menyiapkan sahurku dari sekarang. Juga rasa-rasanya, makin hari pasti mata ini makin sulit terbuka dengan cepat jadi perlu nyiapin bekal sahur yang gampang di masak.

Jadilah aku ngambil cuti di harpitnas (hari kejepit nasional) yang jatuh dihari hari Jumat karena hari kamisnya ada libur nasional. Sebenernya sih niat awal cuti mau leyeh-leyeh aja dirumah tapi trus punya ide mendadak untuk masak-masak buat Puasa. Ide mendadak yang sedikit membuat kacau agenda cuti dan agak bikin snewen sendiri.

Sebelum bulan Ramadhan, aku biasanya juga nyiapin sayur dan bahan makanan agar siap masak gitu. Jadi segala sayur udah dipotong-potong, udah di kupas-kupas, biar pas mau masak tinggal ambil, cuci, dan masak deh. Dan biar gak cepet busuk atau layu, sayurannya di di simpan rapat di plastik atau wadah tertutup.

Sayur siap masak

Ini ngebantu banget. Menyingkat waktu memasak jadi berangkat kerja gak buru-buru. Bangun jam setengah 6 juga masih sempet masak kalo harus berangkat jam 7 dari rumah. Tapi ya gitulah ya, kebayang huru hara suasana rumah pagi-pagi.

Penampakan Kulkas. Banyak kotak-kotak makanan berisi makanan mentah siap masak :D
Kulkas jadi lebih rapi deh. Ya gak rapi-rapi banget sih tepi udah jauh lebih baik dari penampakan kulkas sebelum tercetus ide nyiapin bahan makanan gini. Sebenernya ibuku dirumah juga melakukan kegiatan ini sih, cuman nyimpan makanannya gak di kotak makan atau toples tapi dibungkus plastik doang. Tapi ya kurang rapi, terlihat berserakan dan boros plastik pastinya yaa haha.


Nah ini gambar kalo pake Plastik. Lebih hemat tempat sih cuma jd berantakan aja liatnya. Khusus untuk persiapan Ramadhan tahun ini, aku mengikuti jejak ibuku lagi, membuat frozen food. Jadi masak trus dibekuin, jadi kalo mau dimakan tinggal dipanasi aja deew. Emang Sehat ya? Sehat sehat ajalah, ASI juga dibekuin gapapa kan :p. Jadi setelah aku masak, aku tunggu makanannya dingin dulu baru deh dimasukin kedalam plastik trus masuk frezeer. Aku sih ga pake plastik khusus ya, seadanya aja di rumah, insyallah higienis dan sehat lah. Modal yakin!! Jadi kalo mau masak yaudah tinggal angetin doang hehe. Super praktis deeh maaaak :9. Nah menu makanan Kayla selama aku Ramadhan agak special sih hehe. Aku bikinin arem-arem. Arem-arem berbagai jenis sayuran yang Alhamdulilah Kayla mau makan. Kadang dibikin nasi bakar sih hehe. Cucok lah pokoknya. Next aku ceritain makan kayla selama Ramadhan yaa :D

Kiri : Terong & Tahun Balodo; Kanan : Kentang Balado pake ati


Oseng kacang sama tempe

Perkedel dicampur ati dan brokoli

Apa ya, sebutlah tahu dan sayuran dikukus


0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)