Friday, June 2, 2017

MPASI Kayla Kecil (Part 2)

BY Maya Pratiwi IN , , , , , , , , , , , No comments

Jadi berdasarkan pengalamanku dan Kayla, memberi makan anak bayi yang baru belajar MPASI itu sebenernya gampang sih. Tapi memang harus bertahap. Ga bisa langsung dikasih makanan macem bubur nasi gitu. Karena bayi selama 6 bulan cuma minum ASI doang, pasti perlu waktu untuk bayi beradaptasi dengan makanan baru. Begitu juga dengan kesiapan lambungnya, tentu ga bisa langsung kita kasih makanan yang bermacam-macam.

Kalo dari hasil baca-baca sih, sebaiknya menu baru di kenalkan ke bayi setelah dicoba 3 hari berturut-turut untuk mengecek respon bayi. Apakah ada alergi atau tidak. Tapi rasanya saya ga sabar untuk menunggu 3 hari hahaha. Tapi ya tetep di sabar-sabarin sih.

Nah tahapan MPASI kayla seperti ini :

Bulan 6 (Minggu 1 dan Minggu 2) :
Gasol dan Brokoli Blender

2 Minggu pertama Kayla makan Gasol campur ASI. Udah itu doang. Tapi Gasolnya diselang-seling antara yang beras merah dan kacang hijau. Kalau tata cara memasak Gasol udah ada sih di bungkus kardusnya. Kayak masak tepung bubur gitu. Nanti setelah masak, dicampur dengan ASI sedikit baru dikasihkan ke Kayla. Nah untuk kekentalannya, minggu pertama aku buat buburnya encer banget jadi buburnya sedikit ASInya yang banyak. Bertahap jumlah ASI dikurangin biar agak kental selama 2 minggu.

Bulan 6 (Minggu 3 dan Minggu 4) :
Habis makan jus buah naga

Biasanya kan kalo masak Gasol pake air biasa, nah sekarang aku coba pake air wortel. Jadi wortel di blender dulu kayak mau bikin Jus, disaring dan airnya dipake untuk masak Gasol. Jadi Gasolnya ada rasa wortelnya. Kadang wortel, kadang brokoli saring, kadang sayuran lainnya, tapi disaring. Kadang puree buah-buahan atau jus. Misalnya Jus buah naga, kan encer tuh. Tapi belum dicampur campur dengan bahan makanan lain

Bulan 7 :
Kayla Makan Snack Beras

Nah di bulan kedua MPASI ini aku mulai bereksperimen nih hehehe. Kalo tadi campuran gasol hanya airnya saja, bulan kedua ini mulai sama ampasnya juga. Dan sayurnya juga macem-macem. Kadang tomat wortel brokoli, kadang labu siam sama buncis, kadang pakcoy, kadang dicampur putih telur, kadang dikasih keju sedikit. Sudah mulai bermacam-macam deh, seru hihihii. Yang bikin seru adalah kalo kayla lagi suka makanannya dia kayak suka cita banget. Kayak ga sabar disuapin. Tapi kalo lagi ga suka, pasti disembur-sembur lucu banget hahaha. Nah selama usia kayla 7 bulan ini Kayla udah aku kenalin ubi ungu, kentang, dan labu sebagai sumber karbohidratnya. Tapi ga polosan cuma labu atau kentang doang, pasti aku campur sayur-sayuran berbagai macam sayur. Atau kadang puree Alpukat, pisang, kadang puree apel atau pir dicampur gasol. Untuk Snacknya kayla udah nyoba makan regal sendiri dan snack beras yang Kayla ga terlalu suka.

Bulan 8 :

Di usia 8 bulan ini Kayla kadang aku suapin makananku juga tapi tetep makanan pokok Kayla ya ubi dan sayur-sayuran di blender. Kadang untuk gantian aku masih ngasih gasol juga dimasak dengan sayur yang udah di blender. Nah jadi pernah waktu itu masak ikan goreng, nah aku coba nyuapin kayla daging ikannya yang warna putih lembut itu. Kayla suka banget hehehe. sampe abinya nambah ikan karena buat berdua dengan kayla. Kadang putih telur aku potong kecil kecil aku suapin ke kayla juga, daging ayam juga aku potong kecil-kecil disuapin ke kayla. Roti bolu juga pernah, agar-agar, lontong, coklat, apapun lah hihihi. Tapi ga terlalu banyak kok, dan ga sering-sering juga. Kayla suka kalo disuapin pake tangan pas makan ikan atau roti gitu. Dari usia 7 bulan menjelang 8 bulan juga Kayla udah biasa makan buah langsung, misal melon, semangka, kadang jeruk, langsung tanpa di blender. 

Bulan 9 :
Naah karena Kayla hari ini tepat 9 bulan, rencananya di bulan ini aku mau nyoba ngasih Kayla makan ikan dan daging-dagingan serta makan bubur tim. Cuma karena tadi pagi kesiangan bangun jadi belum sempet. Mungkin weekend minggu ini. Kalo bulan lalu Kayla pernah makan ikan, itu cuma sekali doang dan sedikit, ada rasa gurihnya juga kalo di goreng, nah bulan ini mau aku campur ikannya ke bubur tim Kayla. Semoga Kayla sukaa :D

Kayla memang sengaja ga aku kenalin dengan bubur-bubur instan. Alasan utamanya karena itu bubur instan dan pasti ada bahan pengawetnya. Yaa meskipun mungkin memang aman untuk bayi tapi aku lebih suka masak langsung untuk Kayla. Lebih seru, lebih sehat, dan yang pasti Kayla suka banget hehe. Nah kalo masak biasanya aku masak sekali di pagi hari, agak banyak biar bisa sampe sore. Sisanya ditaroh di kulkas nanti diangetin di magic jar pas mau dimakan. Kecuali pas kayla masih makan Gasol dan ASI doang itu langsung dimasak untuk sekali makan aja.

Pernah suatu kali karena sedang diluar kota, karena agak repot kalo harus masak dan ngeblender, akhirnya aku beli bubur instan kayak yang di TV itu. Hari pertama Kayla masih mau makan, hari kedua udah mulai bosen, baru beberapa suap udah disembur-sembur. Hari ketiga bener-bener udah ga mau lagi. Banyak sih kemungkinannya, mungkin Kayla ga suka rasa bubur yang aku beli, bisa jadi terlalu manis, atau mungkin karena alasan lainnya. Tapi aku malah bersyukur sih, mending ga suka deh hehehe.

MPASI Kayla Kecil (Part 1)

0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)