Wednesday, September 4, 2013

Server Lokal atau Local Host

BY Maya Pratiwi No comments

Server sebenarnya adalah sebuah komputer. dan sebuah komputer akan disebut sebagai server karena ada komputer lain yang mengaksesnya. dan sebuah server akan memerlukan aplikasi web server.

Lalu apa itu server lokal ?
lokal disini hanya melingkupi komputer kita sendiri. artinya, komputer kita bisa dijadikan sebuah server lokal dan yang bisa mengaksesnya adalah komputer kita sendiri.

Apa fungsi server lokal?
memungkinkan kita mengakses situs kita sendiri secara offline atau tanpa terhubung ke internet. Misalnya seperti saat kita ingin membuat web atau aplikasi web, sebelum benar-benar diluncurkan, kita bisa mengakses secara offline melalui localhost. baru setelah nanti web atau aplikasi tersebut siap diluncurkan, kita bisa menyewa web hosting untuk meluncurkan web kita sendiri.

Bagaimana caranya agar komputer kita jadi server lokal?
seperti yang sudah dijelaskan, server memerlukan aplikasi web server, misalnya seperti Apache, Nginx, Litespeed yang berbasis Linux dan Windows Server yang berbasis windows. sedangkan kalau hanya untuk menjadi local host saja kita perlu web server localhost seperti XAMPP, WAMPSERVER, AMPPS dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment

Hai, terima kasih sudah membaca.
Silakan tinggalkan komentar kamu disini.

Jangan lupa centang "Notify Me" yaa agar kamu bisa menerima balasan dari saya

Terima kasih :)